Penyuluhan Kesehatan Hidup Sehat Bebas Plastik Di Jalan Melati, RT/RW 04/06, Kelurahan Binawidya, Tampan, Pekanbaru

  • Sri Hilma Siregar Kimia, MIPA dan Kesehatan UMRI
  • Wirdati Irma Universitas Muhammadiyah Riau
  • Prasetya Prasetya Universitas Muhammadiyah Riau
  • Jufrizal Syahri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rahmiwati Hilma Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fitra Perdana Universitas Muhammadiyah Riau
  • Trisiwi Kusumaningrum Universitas Muhammadiyah Riau
  • Yenni Yernita Universitas Muhammadiyah Riau
  • Pratiwi Gasril Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nurlailli Nasution Universitas Muhammadiyah Riau
  • Olif Syahbella Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: pelastik, limbah pelastik, golongan darah

Abstract

Makanan gorengan merupakan makanan ringan yang sangat digenari oleh masyarakatt Indonesia. Baik dari kalangan atas maupun kalangan kelas bawah.semuanya sangat menyukai makanan ringan gorengan ini. Dikarenakan banyaknya peminat dengan makanan gorengan ini, sehingga menjamurnya penjual gorengan, baik di pngir jalan, di warung-warung ataupun yang pejual gorengan keliling.  Masyarakat pada umumnya suka dengan gorengan yang gurih, renyah dan masih panas. Penggunaan pelastik bukan hanya sekedar untuk ditambahkan dalam makanan atau minuman, tetapi juga budaya penggunaan pelastik sebagai kantong pelastik masih sangat tinggi. Setiap manusia selalu menggunakan kantong pelastik ketika mereka pergi berbelanja baik itu ke pasar rakyat, warung, mall ataupun swalayan. Hal ini semakin menambah jumlah limbah pelastik. Kita tahu bahwa pelastik ini sangat susah terurai di tanah, jika hal ini terjadi terus menerus akan merusak ekosistem tanah sehingga meyebabkan kerusakan lingkungan. Hal inilah yang membuat kami untuk melakukan penyuluhan ke masyarakat mengenai efek samping dari penggunaan pelastik yang berlebihan. Pada pengabdian ini kita menjelaskan dan mengajak masyarakat untuk bijak dalam penggunaan pelastik. Pada pengabdian ini kita juga memberikan pemeriksaan kesehatan gratis yaitu golongan darah, tensi dan kolesterol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1]. Baunsele, A. B., Bulin, C. D. Q. M & Missa, H. Upaya Peningkatan Pemahaman Terhadap Bahaya Sampah Plastik Dan Pengolahannya Bagi Siswa Siswi SMA Negeri 3 Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jurnal PATRIA, 2(1) : 43-45

[2]. Fauzi, M., Efizon, D., Sumiarsih, E., Windarti., Rusliadi., Putra, I & Amin, B. Pengenalan dan pemahaman bahaya pencemaran limbah plastik pada perairan di Kampung Sungai Kayu Ara Kabupaten Siak. Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, Pekanbaru.

[3]. Dewi, Y & Raharjo, T. Aspek Hukum Bahaya Plastik Terhadap Kesehatan Dan Lingkungan Serta Solusinya. Jurnal Kosmik Hukum, 19(1) : 22-24

[4]. Moore, C. J., G. L. Lattin, and A. F. Zeller. 2004. Density of Plastic Particles Found in Zooplankton trawls from Coastal Waters of California to the North Pasific Central Gyre. Marina Drive, Long Beach CA 90803 (US): Algalita Marine Research Foundation.

[5]. Mujiarto, I. 2005. Sifat dan karakteristik material plastik dan bahan aditif. Traksi, 3(2): 1-9.
Published
2020-11-11
Abstract views: 61 , PDF downloads: 56