Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi
Abstract
Pembelajaran sebagai proses yang dilewati dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sebagai bentuk interaksi antara guru dan siswa terhadap materi yang disampaikan di dalam kelas. Permasalahannya proses pembelajaran sering menimbulkan kejenuhan pada siswa sehingga berdampak pada siswa menjadi pasif di dalam kelas. Lingkungan belajar era saat ini merupakan lingkungan belajar yang konstruktif, ditandai dengan pendidik dapat menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Pelatihan ini dilakukan bertujuan untuk membina guru dalam media audio visual berupa power point dengan macro. Harapannya siswa menjadi aktif di dalam kelas dan tidak bosan selama mengikuti pembelajaran yang akan berdampak pada siswa memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Pelatihan berlangsung selama kurang lebih 6 jam. Beberapa guru masih awam terhadap media power point sehingga memakan waktu dalam proses pelatihan. Peserta masih kesulitan dalam membuat template slide dalam power point. Tim melakukan pendampingan kepada guru peserta pelatihan dengan memandu proses berjalannya pelatihan mengikuti instruksi pemateri. Pelatihan menunjukkan hasil yang memuaskan. Guru sangat antusias selama mengikuti pelatihan. Kompetensi guru menjadi bertambah dengan kemampuan menyediakan media audio visual bagi siswa. Harapan selanjutnya pelatihan dapat dilakukan kepada para guru secara berkesinambungan.
Kata Kunci : Power Point Macro ; Teknologi Informasi ; Media Pembelajaran