Peningkatan Keterampilan Promosi Online Dodol Kelapa Sawit PKK Desa Alam Panjang

  • Desliana Dwita Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wan Laura Hardilawati Universitas Muhammdiyah Riau
  • Novia Gesrian Tuti Universitas Muhammdiyah Riau
Keywords: Desa Alam Panjang, Dodol Kelapa Sawit, Kelompok PKK, Promosi Media Online

Abstract

Desa Alam Panjang terletak di Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh kelompok PKK di Desa Alam Panjang adalah memproduksi dodol kelapa sawit. Meskipun cukup laku, namun dodol tersebut belum banyak yang mengenal dan hanya dijual di Desa Alam Panjang dan beberapa desa tetangga. Kelompok pengusul mencoba mencari solusi dari permasalahan kurang dikenalnya dodol kelapa sawit dengan memberikan pelatihan tentang strategi promosi melalui media online. Kegiatan dilakukan pada tanggal 10 September 2019 di Kantor Desa Alam Panjang dan diikuti oleh 14 orang anggota PKK. Metode yang dilakukan melalui pendekatan dan pelatihan. Tahapan pelaksanaan kegiatan dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi yang berfokus pada keterampilan promosi online. Dalam pelaksanaan kegiatan, tim pengusul dibantu oleh mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa untuk dokumentasi dan penyiapan perlengkapan kegiatan. Untuk kepakaran, tim pengusul terdiri dari tiga orang dosen dari bidang ilmu yang berbeda yaitu Ilmu Komunikasi, Manajemen, dan Biologi. Hasil dari kegiatan ini peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan tentang cara promosi lewat media online. Meskipun peserta sangat antusias, namun terdapat masukan dari peserta yaitu mereka menginginkan diadakan kembali pelatihan dengan topik tentang cara membuat dodol yang lebih efektif. Kelompok mitra merasa kesulitan mengaduk dodol dengan cara tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. Febronika, A. Rifai, and J. Yusri, “ANALISIS PRODUKTIVITAS, PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN PETANI KARET EKS UPP TCSDP KUALU DI DESA ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR,” Jom Faperta, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2015.
[2] A. Jamaludin, Z. Arifin, and K. Hidayat, “PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang),” J. Adm. Bisnis, vol. 21, no. 1, pp. 1–8, 2015.
[3] C. S. Cenadi, “Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran,” Nirmana, vol. 2, no. 1, pp. 92–103, 2000.
[4] S. E. P. Widoyoko, “Evaluasi Program Pembelajaran (Instructional Program Evaluation),” umpwr.ac.id, 2009.
Published
2020-04-18
Abstract views: 85 , PDF downloads: 57