Program Kemitraan Masyarakat Stimulus Rumah Jahit Nia

  • Siti Rodiah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wira Ramashar Universitas Muhammdiyah Riau
  • Zul Azmi Universitas Muhammdiyah Riau
Keywords: Konsep Entitas Bisnis, Biaya Pokok Produksi

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Rumah Jahit Nia dalam memisahkan pencatatan keuangan antara pemilik dan usaha serta pelatihan dalam menyusun biaya pokok produksi. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Jahit Nia Jl. Merak Gg. Merak 1 Kec. Bukit Raya Kel. Tangkerang Labuai. Pengabdian ini dibuat setelah melakukan survey awal yang menemukan bahwa Rumah Jahit Nia belum menerapkan konsep entitas bisnis dalam usahanya sehingga tercampur pencatatan atas keduanya, selain itu Rumah Jahit Nia juga belum menyusun laporan keuangan. Setelah kegiatan ini dilakukan Rumah Jahit Nia diharapkan dapat menyusun laporan keuangannya sendiri dan mengetahui berapa keuntungan yang dimilikinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.
Riwayadi. 2019. Akuntansi Biaya Pendekatan Tradisional dan Kontemporer. Ed. 2. Jakarta: Salemba Empat.
Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Konsep dan Tehknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Walfajri, M. Indrastiti, N. 2018. Jumlah pelaku UMKM di 2018 diprediksi mencapai 58,97 juta orang. https://keuangan.kontan.co.id/news/jumlah-pelaku-umkm-di-2018-diprediksi-mencapai-5897-juta-orang
Warren, C.S, Reeve, J.M, Duchac, J.E, Wahyuni, E.T, Jusuf, A.A. 2017. Pengantar Akuntansi 1 Adapatasi Indonesia. Ed 4. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2020-04-18
Abstract views: 71 , PDF downloads: 69