Pemberdayaan Duta Keluarga Tuberkulosis sebagai Upaya Mencegah terjadinya TB Multi Drugs Resistent di Puskesmas Sidomulyo RJ Pekanbaru

  • Trisiwi Kusuma Ningrum universitas muhammadiyah riau
  • Maswarni Maswarni Universitas Muhammadiyah Riau
  • Yuyun Ria Wahyuni Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: pemberdayaan, duta keluarga, Tuberkulosis, komunitas

Abstract

Penyakit Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang dapat menyerang organ paru maupun ekstra paru. Penderita TB harus menjalani pengobatan selama 6-8 bulan. Apabila tidak minum obat hingga tuntas dapat menyebabkan resistensi kuman yang disebut TB Multi Drugs Resistent yang dapat membahayakan kesehatan diri sendiri maupun orang lain. Penderita yang mengalami TB MDR akan menjalani pengobaan dengan jangka waktu lebih lama dengan kombinasi pemberian obat secara injesi maupun oral. Hal ini akan menambah beban kerja tubuh penderita TB  sehingga dapat mengalami berbagai keluhan yang lebih berat  saat menjalani pengobatan.  Tujuan adalah untuk memberikan wawasan kepada keluarga bagaimana tips menjalin komunikasi efektif untuk memberikan motivasi penderita TB minum obat hingga sembuh dan juga memberikan motivasi dan edukasi kepada penderita TB tentang efek samping obat anti TB dan penatalaksanaannya. Metode PKM dengan menggunakan ceramah dan diskusi unuk mencari solusi permasalahan yang dialami oleh penderita dan keluarga dalam proses pengobatan TB.  Selain itu juga dengan memberikan kartu minum obat kepada Pendamping Menelan Obat  sebagai media untuk mengontrol keteraturan minum obat. Hasil kegiatan PKM menunjukkan  pengetahuan peserta PKM  tentang penyakit TB dan tehnik berkomunikasi efektif untuk mensupport penderita TB minum obat hingga sembuh  mayoritas dalam kategori baik. selain itu  100% penderita TB minum obat secara teratur. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Aisyiyah, P. T. Panduan ringkas pelaksanaan kegiatan NFM-Global Fund. (2017).
2. Kemenkes RI. Tuberkulosis ( TB ). Infodatin Tuberkulosis (2018).
3. Alfiah, S. Data kasus TB di kota Pekanbaru siti alfiah. (2018).
4. Pernadi, M. O., Rohani, S. & Simbolon, L. Persepsi Penderita Terhadap Pengobatan Dan Kesembuhan Penyakit Tuberkulosis Paru Di Kota Pekanbaru. Jom Fk 2, 1–14 (2015).
Published
2020-04-18
Abstract views: 120 , PDF downloads: 69