PELATIHAN PEMBUATAN WEB SEBAGAI MEDIA INFORMASI, PUBLIKASI DAN PROMOSI BAGI SISWA SMK BINA INSAN

  • Doni Winarso Universitas Muhammadiyah Riau
  • syahril Syahril Prodi Sistem Informasi
  • Risnal Diansyah Prodi Sistem Informasi
  • Edo Arribe Prodi Sistem Informasi
  • Aryanto Aryanto Prodi Sistem Informasi
Keywords: Media Informasi, SMK Bina Insan, Website.

Abstract

Website pada awal penemuannya digunakan hanya sebagai sarana untuk bertukar informasi antar peneliti, namun saat ini sudah berkembang menjadi media penyebaran informasi yang digunakan oleh hampir semua bidang kehidupan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan skill kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Insan tentang teknologi website dan bagaimana membangun website sebagai sarana untuk menyebarkan informasi, publikasi dan menjadikan sebagai media promosi. Metode pengabdian ini menggunakan metode proyek dan workshop. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 25 orang siswa SMK Bina Insan yang terdiri dari 15 siswa berasal dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak(RPL) dan 10 orang dari jurusan Teknik Komputer Jaringan(TKJ). Kegiatan ini juga diikuti oleh 2 orang guru pendamping siswa. Hasil dari pengabdian kepada Masyarakat ini berupa kemampuan atau skill siswa dalam membangun sebuah website. Pengukuran keberhasilan dilakukan dengan melihat hasil contoh proyek yang di berikan kepada peserta. Dari 20 peserta 17 diantaranya berhasil membuat dan menyelesaikan website sederhana yang dapat dijadikan medi

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. Winarso, E. Arribe, R. Diansyah, P. S. Informasi, F. I. Komputer, and U. M. Riau, “Pemanfaatan Internet Sehat Menuju,” vol. 1, no. 1, pp. 19–23, 2017.
[2] A. Nugroho, E-Commerce: Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya, II. Bandung: Informatika, 2006.
[3] Anonim, “How Many Websites Are There Around the World?,” www.millforbusiness.com, 2018. [Online]. Available: https://www.millforbusiness.com/how-many-websites-are-there/.
[4] Anonim, “Web Server Survey,” 2018. [Online]. Available: https://news.netcraft.com/archives/2018/10/29/october-2018-web-server-survey.html.
Published
2019-05-30
How to Cite
Winarso, D., Syahril, syahril, Diansyah, R., Arribe, E., & Aryanto, A. (2019). PELATIHAN PEMBUATAN WEB SEBAGAI MEDIA INFORMASI, PUBLIKASI DAN PROMOSI BAGI SISWA SMK BINA INSAN. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 14-17. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i1.1143
Abstract views: 239 , PDF downloads: 294