STRATEGI KAMPANYE DIET KANTONG PLASTIK OLEH GIDKP DI INDONESIA

  • Hayatullah Kurniadi Universitas Abdurrab
  • Mohamad Hizasalasi Persada Bunda
Keywords: Strategi, Kampanye, Diet Kantong Plastik

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi kampanye diet kantong plastik. Kantong plastik menjadi masalah nasional. Masalah ini muncul karena dampak negatif
penggunaan kantong plastik yang tidak bijak oleh masyarakat. Indonesia disebut negara kedua di dunia sebagai penyumbang sampah plastik terbesar ke laut. Sampah plastik juga menjadi penyebab masalah kesehatan dan pencemaran lingkungan, karena tidak bisa terurai dan mengandung zat kimia berbahaya. Untuk meminimalisir bahaya tersebut, sebuah upaya dilakukan dengan mana kampanye diet kantong plastik. Kampanye ini dilakukan oleh Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan data empiris terhadap strategi kampanye yang dilakukan oleh GIDKP. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data didapat melalui wawancara dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik menggunakan pendekatan strategis yang berisi tiga komponen, yaitu: Regulasi, Edukasi dan Fasilitasi. Strategi ini dijalankan dalam kampanye Diet Kantong Plastik dengan sasaran pemerintah, masyarakat dan usaha ritel agar penggunaan kantong plastik di Indonesia berkurang dan masyarakat bisa beralih pada kantong yang terbuat dari bahan lain yang dapat digukan kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hayatullah Kurniadi, Universitas Abdurrab

FISIPOL

Mohamad Hizasalasi, Persada Bunda

STISIP

Published
2017-09-30
Abstract views: 94 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 416