DESAIN APLIKASI CBT-ET (Computer Based Test For Entrepreneurship Talent) DALAM PENGUKURAN BAKAT KEWIRAUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS (CFA)

  • Vitriani Vitriani Universitas Muhammadiyah Riau
  • Resmi Darni Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Entrepreneurship, Teori Big Five, Bakat, Asesmen, Pendidikan Tinggi

Abstract

Pendidikan tinggi berbasis entrepreneurship adalah paradigma baru dalam dunia pendidikan saat ini. kemampuan perguruan tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mandiri dan mampu menciptakan lapangan kerja adalah tujuan utama dari pendidikan tinggi berbasis entrepreneurship. Titik kunci dalam menghasilkan sumber daya manusia mandiri dan memiliki potensi adalah proses seleksi. Namun kenyataan dalam proses seleksi alat ukur yang digunakan masih belum tepat dan tes yang digunakan selama ini dalam penerimaan mahasiswa baru masih belum valid. Karena itu diperlukan alat pengukuran yang tepat, yang dapat mengidentifikasi calon mahasiswa baru yang memiliki potensi untuk dalam entrepreneurship, sehingga tujuan pendidikan tinggi dapat dicapai. Artikel ini membahas tentang perancangan instrument sebagai alat dalam asesmen bakat entrepreneurship, asesmen ini bertujuan untuk mengidentifikasi bakat entrepreneurship mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterbukaan, kesadaran, extraversion, agreeableness, neuroticism merupakan kepribadian entrepreneurship, dan kepribadian sangat erat kaitannya dengan bakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Vitriani Vitriani, Universitas Muhammadiyah Riau

Program Studi Pendidikan Informatika  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Resmi Darni, Universitas Muhammadiyah Riau

Program Studi Pendidikan Informatika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2017-09-25
Abstract views: 181 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 95