Faktor Penentu Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk: Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee

  • Panji Ulum Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Yasmir Yasmir Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Delvita Juniarsih Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Ari Andriyas Puji Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Harga, Kemudahan Transaksi, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penentu konsumen dalam membeli produk secara online. Secara khusus, penelitian ini menguji pengaruh harga, kemudahan bertransaksi serta kualitas layanan terhadap keputusan pembelian online bagi konsumen yang menggunakan aplikasi Shopee. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 92 responden yang pernah berbelanja online menggunakan aplikasi Shopee. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode analisis regresi linear berganda. Data penelitian diolah menggunakan Software SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga, kemudahan bertransaksi dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pemberian diskon pada variabel harga menunjukan nilai paling tinggi, sedangkan variabel kemudahan bertransaksi dalam mengakses aplikasi serta kualitas layanan dengan memberikan jaminan (assurance) menjadi faktor penentu dari keputusan pembelian online dengan menggunakan aplikasi Shopee.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, P. H. (2014). Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBIMA), 2(2), 114–124.

Adiwijaya, I. G. B. P. (2018). Kemudahan Penggunaan, Tingkat Keberhasilan Transaksi, Kemampuan Sistem Teknologi, Kepercayaan dan Minat Bertransaski Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(3), 135–153.

Agatha, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 27–35.

Assauri, S. (2017). Manajemen pemasaran : dasar, konsep & strategi / Prof. DR. Sofjan Assauri, M.B.A. Edisi Pertama Penerbit. PT. Raja Grafindo Persada.

Bernadetha Stephani, S., & Nashar, M. (2019). Pengaruh Harga,Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Jakmall. In Kualitas Layanan… Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis (Vol. 6, Issue 1).

Dewi, N. D. (2019). Pengaruh Kemudahan, Keamanan dan Pengalaman Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Menggunakan Aplikasi Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo). In Jurnal Ekomaks : Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi (Vol. 8, Issue 1).

Emas Marlina, D. R. (2018). Penerapan sub pokok fungsi pada matematika ekonomi terhadap fungsi permintaan dan fungsi penawaran. 9, 90–96.

Hartono, J. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan Edisi Revisi. Yogyakarta. Penerbit Andi, 1(2).

Hutapea, F. S. M., Lusiah, & Edison Parulian. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Pembelian Kembali Pada Marketplace Shopee.co.id. Jurnal Publikasi Riset Bersama Dosen Dan Mahasiswa, 1(2), 52–66.

Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada SNK © 2019 Published by UMSU (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). Jurnal Kewirausahaan, 1(1), 128–137.

Isnawati, N. (2020). Pengaruh Kemudahan, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Aplikasi Instagram di Jakarta Timur (Studi Pada Pengguna Instagram Di Jakarta Timur). XX(Xx), 1–19.

Juhaeri, J. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Ojek on-Line Gojek Di Kota Tangerang Selatan. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 7(1), 29.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. In Penerbit PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. Economica, 19, 118.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran edisi kedua belas jilid 1. Penerbit: PT. Indeks. Jakarta.

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Edisi : 59, 59, 290572.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4).

Puspita Dewi Rahayu. (2002). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di KASKUS.

Rahmadi, H., & Malik, D. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia.Com Di Jakarta Pusat. In Reformasi Administrasi (Vol. 3, Issue 1).

Rehatalanit, Y. L. . (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5(0), 62–69.

Rustandi, D. P. P., & Sastika, W. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Brand Fashion Pull and Bear di Bandung Tahun 2021. E-Proceedings of Applied Science, 7(6), 1–2.

Sablik, M. J., Rios, S., Landgraf, F. J. G., Yonamine, T., De Campos, M. F., Kim, J. H., Semiatin, S. L., Lee, C. S., Babu, J., Dutta, A., ABNT, Asm, A. N., Publication, I., Huang, J. C., Barnes, J. E., Williams, J., Blue, C. A., Peter, B., Asaadi, E., … Foram, Q. (2012). Secret of Customer Relationship Management( Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan. Acta Materialia, 33(10).

Sudjatmika. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Ekonomi Bisnis, 17(1), 1–12.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mix Method). In Alfabeta (Issue 75).

Widia, N., & Ayu Norfida, F. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Guardian Store Pekanbaru. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 3(1), 1–9. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/MRABJ

Yuliani M, & Suarmanayasa I. (2021). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 146–154.

APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 Juta pada 2022-2023 (dataindonesia.id)

Published
2023-04-30
How to Cite
Ulum, P., Yasmir, Y., Juniarsih, D., & Puji, A. A. (2023). Faktor Penentu Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk: Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 4(2), In Press. https://doi.org/10.37859/mrabj.v4i2.4697
Abstract views: 560 ,