Analisis Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan Bisnis Terhadap Kreativitas Organisasi pada Industri Fotografi di Pekanbaru

  • Egio Kelvin Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dede Iskandar Siregar Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hammam Zaki Muhammadiyah University of Riau
Keywords: Inovasi, Ketidakpastian, Kreativitas, Persaingan, Tekonologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dampak ketidakpastian lingkungan bisnis meliputi ketidakpastian pasar, ketidakpastian teknologi dan ketidakpastian pesaing terhadap kreativitas organisasi pada industri fotografi. Studi ini dilakukan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada responden secara langsung. Sampel yang digunakan merupakan pemilik dan karyawan fotografi di Pekanbaru. Data dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil menunjukan bahwa ketidakpastian pasar dapat membuat kreativitas organisasi melemah, namun ketidakpastian teknologi sebaliknya ditemukan dapat menjadi daya dorong organisasi dalam meningkatkan kreativitas yang lebih baik. Penelitian ini juga menemukan bahwa ketidakpastian persaingan yang dikelola dengan baik bisa membawa daya dorong bagi peningkatan kreativitas organisasi. Temuan ini berimplikasi bahwa ketidakpastian lingkungan bisnis yang dialami usaha potografi akan sulit menghasilkan kreativitas positif jika manajemen gagal memahami peluang yang muncul dalam lingkungan bisnisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Alliyah, S. (2015). Pengaruh Intensitas Kompetisi Pasar Terhadap Kinerja Manajer UKM Melalui Informasi Sistem Akuntansi Manajemen. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 8(1), 501–521.
Arieftiara, D. (2018). Ketidakpastian Lingkungan Bisnis , Keputusan Investasi dan Kinerja Perusahaan pada Industri Manufaktur. Journal of Accounting and Business Dynamics, 5(2), 163–178.
Arieftiara, D., Utama, S., & Wardhani, R. (2017). Environmental uncertainty as a contingent factor of business strategy choice decision: Introducing an alternative measurement of uncertainty. Australasian Accounting, Business and Finance Journal, 11(4), 116–130.
Byttebier, I., & Vullings, R. (2015). Creativity In Business. Amsterdam : BIS Publishers.
Darvishmotevali, M., Altinay, L., & Köseoglu, M. A. (2020). The link between environmental uncertainty, organizational agility, and organizational creativity in the hotel industry. International Journal of Hospitality Management, 87(1), 490–499.
Ellram, L. M., Tate, W. L., & Feitzinger, E. G. (2013). Factor-Market Rivalry and Competition for Supply Chain Resources. Journal of Supply Chain Management, 49(1), 29–46.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Huo, B., Ye, Y., Zhao, X., Wei, J., & Hua, Z. (2018). Environmental uncertainty, specific assets, and opportunism in 3PL relationships: A transaction cost economics perspective. International Journal of Production Economics, 203(1), 154–163.
Jahanshahi. (2016). Disentangling the emergence of perceived environmental uncertainty among technology entrepreneurs. 45(6), 962–972.
Kemenparekraf. (2020). Statistik ekonomi kreatif 2020. Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Kessler, E. (2013). Charismatic Theory of Leadership. United States of America : SAGE Publications Inc.
Kim, K. K., Ryoo, S. Y., & Lee, H. (2015). Environmental uncertainty and interorganizational information sharing: Accommodating manufacturer and supplier perspectives. Information Development, 32(5), 1485–1502.
Koch, J., Wenzel, M., Senf, N. N., & Maibier, C. (2018). Organizational Creativity as an Attributional Process: The Case of Haute Cuisine. Organization Studies, 39(2–3), 251–270.
Köseoglu, M. A., Topaloglu, C., Parnell, J. A., & Lester, D. L. (2013). Linkages among business strategy, uncertainty and performance in the hospitality industry: Evidence from an emerging economy. International Journal of Hospitality Management, 34(1), 81–91.
Lestari, E., Silalahi, R., & Annasa, D. (2015). Pengaruh Kapabilitas Sumberdaya dan Top Management Supportterhadap Inovasi dan Moderasi Ketidakpastian Lingkungan Terhadap Risiko Inovasi. Agrointek, 15(1), 146–161.
Liu, T., & Gao, H. (2022). Does Supply Chain Concentration Affect the Performance of Corporate Environmental Responsibility? The Moderating Effect of Technology Uncertainty. Sustainability (Switzerland), 14(2).
Long, Y., Li, P., & You, B. (2015). Knowledge transfer, governance mechanisms in alliance and environmental uncertainty. Emerald Insight, 8(3), 438–472.
Miraza, Z., & Hafas, H. (2018). Dampak Keragaman Sumber Daya Portofolio Aliansi Terhadap Inovasi Dengan Pemoderasi Ketidakpastian Pasar dan Pengalaman Aliansi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Pandjaitan, D., & Ahmad, A. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Bandar Lampung : Aura Publishing.
Parnell, J. A. (2013). Strategic management (4th ed.). United State of America : SAGE Publications Inc.
Sugaya, T., & Takahashi, S. (2013). Coordination failure in repeated games with private monitoring. Journal of Economic Theory, 148(5), 1891–1928.
Tetteh, E. K., & Essegbey, G. O. (2014). Firm-level innovation: The case of Ghanaian firms. European Journal of Business and Innovation Research, 2(2), 1–18.
Xiao, C., Petkova, B., Molleman, E., & van der Vaart, T. (2019). Technology uncertainty in supply chains and supplier involvement: the role of resource dependence. Supply Chain Management, 24(6), 697–709.
Published
2023-06-23
How to Cite
Kelvin, E., Siregar, D. I., & Zaki, H. (2023). Analisis Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan Bisnis Terhadap Kreativitas Organisasi pada Industri Fotografi di Pekanbaru . Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 4(1), 018-025. https://doi.org/10.37859/mrabj.v4i1.4414
Abstract views: 108 , PDF downloads: 276