Pengaruh Public Service Motivation dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh public service motivation dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di kantor catatan sipil (Capil) Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel pada 65 pegawai non PNS pada Kantor Capil Kabupaten Konawe Selatan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa public service motivation dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini berarti bahwa setiap adanya peningkatan yang terjadi pada public service motivation dan kepuasan kerja, maka akan memberikan dampak terhadap semakin tingginya kinerja pegawai. Public service motivation secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini berarti bahwa kinerja pegawai yang lebih baik dapat ditingkatkan dengan adanya peranan public service motivation. Kemudian, kepuasan kerja juga secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini berarti bahwa kinerja pegawai yang lebih baik dapat ditingkatkan dengan adanya peranan kepuasan kerja pegawai.
Downloads
References
Ali, M., Idris, A., & Kalalinggi, R. (2013). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada badan ketahanan pangan dan pelaksana penyuluhan daerah kota samarinda. eJournal Administrative Reform, 1(2), 418–430.
Ayub, N., & Rafif, S. (2010). The Relationship Between Work Motivation and Job Satisfaction. Pakistan Business Review, 322-347.
Brewer & Selden (1998). Public Service Motivation and Commitment. Sage Journal, 4(1).
Crewson, P.E. (1997). Public Service Motivation: Building Empirical Evidence of Incidence and E Ect. Journal of Public Administration Research and Theory, (4).
Elsiyana, D. (2014). Pengaruh Public Service Motivation terhadap Kinerja Pegawai dengan Organizational Citizenship Behavior dan Kepuasan kerja sebagai Variabel Intervening pada pegawai Pemerintah. Skripsi Universitas Islam Indonesia, Fakultas Ekonomi, Yogyakarta.
Febriyana, W. (2015). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT Kabepe Chakra 2015. e-Proceeding of Management, 2(3), 2954–2961.
Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donelly, J. H. (1997). Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses. Jakarta: Erlangga.
Hasibuan, M. S. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. Bumi Aksara.
Ivancevich, J. M. (2008). Perilaku dan Manajemen Organisasi, Jilid 1 dan 2 Jakarta: Erlangga.
Kim, S. (2004). Public service motivation and organizational citizenship behavior in Korea. Journal of Public Administration, 27(8), 722-740.
Komalasari, P. T. T., Nasih, M., & Prasetio, T. (2009). Pengaruh Public Service Motivation Dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Organisasi Pemerintahan. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 2(2).
Knoke & Wright-Isak (1982). Measuring Public Service Motivation: An Assessment of Construct Reliability and Validity. Journal of Public Administration Research and Theory: J-PART, 6(1).
Kurniawan, A. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Pembaharuan. Yogyakarta.
Kusuma, A., & Wahyu, R. (2014). Pengaruh Public Service Motivation Terhadap Kinerja Pegawai. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Martoyo, S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia,. Edisi 5, Cetakan Pertama. Yogyakarta. BPFE.
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2004). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Salemba Empat. Jakarta.
Moeheriono. (2009). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi: Competency Based Human Resource Management. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Mondy & Noe. (1996). Human Resources Management. Prentice Hall, Texas.
Nicola, B. (2012). Experimental Evidence on the Relationship between Public Service Motivation and Job Performance. Public Administration Review, Vol. 73, Iss. 1, pp. 143–153.
Parvin, M. M., & Kabir, M. M. N. (2011). Actors Affecting Employee Job Ssatisfaction of Pharmaceutical Sector. Australian Journal of Business and Management Research. 1(9), 113-123.
Pasolong, H. (2010). Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung.
Perry, J. L., & Annie, H. (2008). Motivation In Public Management: The Call of Public Service. Oxford University press. Oxford.
Perry, J. L., & Wise. (1990). Measuring public service motivation: An assessment of construct reliability and validity. Journal of Public Administration Research and Theory, (1), 5-22.
Rachmawati, I. (2012). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Pegawai Non PNS di RSUD Kota Bekasi Tahun 2012. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Depok.
Rast, S., & Tourani, A. (2012). Evaluation of Employees’ Job Satisfaction and Role of Gender Difference: An Empirical Study at Airline Industry in Iran. International Journal of Business and Social Science, 3(7).
Rivai, V. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Rosita, T., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 5(1), 1–20.
Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN, Yogyakarta.
Suwanto, H. P., & Donni J. (2011). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Alfabeta, Bandung.
Syafaruddin, A. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif. BPFE UGM, Yogyakarta.
Tella, A. A., & Popoola S. O. (2007). Work Motivation, Job Satisfaction, and Organisational Commitment of Library Personnel in Academic and Research Libraries in Oyo State, Nigeria. Library Philosophy and Practice, 1-16.
Trisni, W. (2016). Pengaruh Public Service Motivation Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Pegawai di Puskesmas Rawat Inap Kota Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Van Loon (2015). The Motivational Bases of Public Service. Public Administration Review 50 (May/June) : 367373.
Vera, Z. P. (2015). Public Service Motivation (PSM) Pegawai pada Kantor Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan. Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang.
Weihui, (2013). The Impact of Caring Climate, Job Satisfaction, and Organizational Commitment on Job Performance of Employees in a China’s Insurance Company. Journal of Business Ethics, 124(2):339-349.
Wood, J., Wallace, J. P., Zeffane, R., Schermerhorn, J., Hunt, J. B., & Osborne, R. H. (2001). Organisational Behaviour An Asia-Pacific Perspective. John Wiley & Sons. Singapore.
Xiaohua (2008). Measuring Public Services Motivation: An Assessment of Construct Realibility and Validity. Journal of Public Administration Research and Theory (J-PART). 6(1). pp 5-23.
Copyright (c) 2021 Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work

