PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI BUMI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA SISA KELAS V SDN 013 MUKTISARI KECAMATAN TAPUNG

  • Walidi SDN 013 Muktisari

Abstrak

Pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 013 Muktisari masih berpusat pada guru sehingga membuat siswa pasif dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa hanya berperan sebagai penerima informasi, dan guru sebagai sumber informasi. Tindakan yang dilakukan adalah dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) materi bumi pada siswa kelas V SDN 013 Muktisari. Tujuan penelitian untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar materi bumi pada siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkolaborasi dengan guru kelas V SD Negeri 013 Muktisari. Penelitian dilakukan dalam dua siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan yaitu dengan penerapan model TPS dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar IPA materi bumi pada siswa kelas V SD Negeri 013 Muktisari.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

[1] Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
[2] Kurnia, dkk. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas. 2008.
[3] Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS. 2009.
[4] Rusman. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2012.
[5] Samatowa, Usman. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks. 2011.
[6] Slameto. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Yogyakarta: Rineka Cipta. 2010.
[7] Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2011.
Diterbitkan
2023-09-23
Abstrak views: 19 ,