Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di MTsN 4 Klaten

Authors

  • Cintya Puspitasari Dwi Purbowati UIN Raden Mas Said

DOI:

https://doi.org/10.37859/jeits.v7i1.8336
Keywords: Profesionalisme, Kepala sekolah

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   UpayaKepala   Sekolah   dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs N 4 Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1)Untuk Mengetahui Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs N 4 Klaten, (2), Untuk Mengetahui Faktor penghambat dan faktor pendukung Kepala Sekolah dalam meningkatkan Profesionalisme guru diMTs Negeri 4 Klaten.  Dapat  disimpulkan  Upaya  Kepala Sekolah dalam MeningkatkanProfesionalisme Guru, Kepala Sekolah melakukan Kelompok Kerja Guru (KKG), mengadakan pelatihan (Diklat), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan mengikutsertakan para guru dalam Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme guru Di MTs N 4 Klaten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman Mulyono, (2010), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Achdiat Maman, (2009), Pembentukan Profesioanal Keguruan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fattah Nanang, (2000), Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik Oemar, (2006), Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Isnaeni, R., & Radia, E. H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–313. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.281

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Camelia, F. (2020). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6474

Stunting, P., & Kampung, D. I. (2022). Universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember fakultas dakwah. 1, 2022.

Arikunto, Suharismi, (2014), Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta. Burhanudin, dkk, (2008),

Sri, 2020. (2021). Modul Media Pembelajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesiam Journal of History Education, 3(1), 40–45.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750.

Institusi. Nomor standar. Judul. Tempat Publikasi. Penerbit. Tahun Publikasi.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126– 138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8

Rupawati, D., Noviani, L., & Nugroho, J. A. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 1–8.

Ikhsan, N. I., Irfani, F., & Ibdalsyah, I. (2022). Efektivitas Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs Badru Tamam. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 899–917. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i4.1006

Cecep Abdul Muis & Nina Nur Sholehah (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Huda Babakan Tengah. Jurnal HASBUNA. 5 (1). https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.388

Muhammad Arif Nasruddin & Ayu Linda Wati (2023), Implementasi Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTs Walisongo Simojayan Ampelgading. JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 2 (1). https://doi.org/10.58788/jipi.v1i1.2480

Laila Naililmuna, & Wahyudi. (2025). Efektivitas Media Audio Visual dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 549–563. Retrieved from https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/2354

Mukhammad Luqman Hakim (2019). Pengembangan Media Video Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan 6 (2). https://doi.org/10.33650/pjp.v6i2.720

Yoanda Eka Putera, Salman Salman, Sakban Sakban, & Deprizon Deprizon. (2024). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa SD IT Ibnu Qoyyim Pekanbaru. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 129–138. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i4.1027

Cecep Abdul Muis, Nina Nur Sholehah (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mi Miftahul Huda Babakan Tengah. Jurnal HASBUNA. 5 (1). https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.388

Sertifikasi Guru Dan Transformasi Profesionalisme: Antara Regulasi Dan Praktik Lapangan. (2025). Jurnal Transformasi Pendidikan Profesi Guru (JTPPG), 1(1), 23-28. https://doi.org/10.63736/

Sriyanto, S., Murniawaty, I., Nuryana, I., & Ismiyati, I. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Ekonomi dalam Pembelajaran di SMA Kabupaten Semarang. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 357–362. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.3413

Haryono, H., Stanislaus, S., Budiyono, B., & Widhanarto, G. P. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Inovasi Pembelajaran: Program Rintisan bagi Guru di Kabupaten Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/lik.v46i2.12031

Herlina, H. (2022). Pentingnya Peran Guru dalam Inovasi Pendidikan pada Proses Kegiatan Pembelajaran. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 45–51. https://doi.org/10.20527/tmkm.v1i1.444

Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 28–34. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35

Downloads

Published

2025-10-14