LITERATURE REVIEW: PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS STEM-PJBL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA

Authors

  • Dira Yanti 200603011

DOI:

https://doi.org/10.37859/jeits.v6i1.6788

Abstract

Abstrak

Teknologi digital telah mengubah cara belajar siswa, dan e-book menjadi salah satu media pembelajaran yang populer. Penelitian ini meninjau literatur tentang pengembangan e-book berbasis STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics - Project Based Learning) dan pengaruhnya terhadap penguasaan konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk Menganalisis pengaruh e-book berbasis STEM-PjBL terhadap penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur dengan mengumpulkan data dari artikel ilmiah, jurnal, dan sumber terpercaya lainnya. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian literatur adalah "e-book", "STEM-PjBL", dan "penguasaan konsep siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewa, I., Agung, G., Suardana, N., & Rapi, N. K. (2021). E-Modul Ipa Dengan Model Stem-Pjbl Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 6(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V6i1
Diana Sari, F., Ayu Fajarianingtyas, D., & Anekawati, A. (2022). Pengembangan Modul Ipa Stem Materi Cahaya Dan Alat Optik Kelas Viii Smpn 2 Kalianget. Jurnal Pendidikan Ipa, 12(1), 27–32. Https://Doi.Org/10.24929/Lensa
Firmantara, M. R., ‎ ‎Sudarti, S., & Handayani, R. D. (2023). Pengaruh Stem-Pjbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Mts. Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(1), 179. Https://Doi.Org/10.25273/Jipm.V12i1.14604
Haditya Arria Rahmana, L., Zuhdi, M., & Sutrio. (2022). Pengaruh Pembelajaran Stem Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Https://Doi.Org/10.29303/Jpft.V8ispecial
Ika Pangesti, K., Yulianti, D., Jurusan Fisika, S., & Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2017). Bahan Ajar Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Sma. Upej, 6(3). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Upej
Inzghi, I., Wibowo, F. C., & Serevina, V. (2023). E-Modul Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Science, Technology, Engineering, Mathematic (Stem) Pada Materi Fluida Statis Dan Dinamis. Https://Doi.Org/10.21009/03.1102.Pf46
Lely, P., Prabawati, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Project-Based Learning Based On Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Enhancing Students Science Knowledge Competence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 621–629.
Mabrurah, F. F., Qadar, R., & Sulaeman, N. F. (2023). Enhancing High School Students’ Critical Thinking Skills Through Stem-Pjbl In Optics Topic. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 11(1), 1. Https://Doi.Org/10.20527/Bipf.V11i1.14068
Mirnawati, M., Harjono, A., & Makhrus, Muh. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Ipa (Fisika) Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 447–454. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V6i3.271
Prastiyan, R., Purwaningsih, E., Koes-H, S., Penguasan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Stem-Pjbl Dan Tpack Pada Materi Fluida Statis, P., Riset Pendidikan Fisika, J., Fisika, J., & Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2021). Peningkatan Penguasan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Stem-Pjbl Dan Tpack Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Riset Pendidikan Fisika), 6(2), 94–100. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jrpf/
Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Fajaroh, F. (2020a). Pengembangan Bahan Belajar Flipbook Pada Materi Redoks Dan Elektrokimia Berbasis Pendekatan Stem-Pjbl Berbatuan Video Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 234. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V8n2.P234--250
Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Fajaroh, F. (2020b). Pengembangan Bahan Belajar Flipbook Pada Materi Redoks Dan Elektrokimia Berbasis Pendekatan Stem-Pjbl Berbatuan Video Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 234. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V8n2.P234--250
Septiyana, D. N., Syahidi, K., & Mardi, E. S. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik. Lambda Journal, Lembaga "Bale Literasi, 3(2), 87–95. Https://Doi.Org/10.58218/Lambda.V3i2.649
Sukmawijaya, Y., & Juhanda, A. (N.D.). Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi (Agustus), 9.
Suroto. (2021). Penerapan Metode Stem Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Dan. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jee

Downloads

Published

2025-04-05