Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Pelajaran SKI Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa

Authors

  • andella_umami andella_umami Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.37859/jeits.v7i1.6632
Keywords: Media, audio, visual, kemampuan belajar

Abstract

Perkembangan zaman yang pesat telah secara signifikan mempercepat kemajuan teknologi. Fenomena ini sangat berdampak pada bidang pendidikan. Teknologi informasi dapat membantu membangun komunitas belajar yang aktif dan mandiri di sekolah. Dengan teknologi informasi, guru dan siswa dapat membuat media pembelajaran mereka sendiri dan mengakses berbagai sumber. Metode penelitian yang diterapkan adalah meta analisis. Sumber referensi penelitian termasuk dua belas jurnal, satu buku, dan sejumlah data lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian, terutama tentang media pembelajaran berbasis audio visual. Adapun fokus penulisan ini ialah Bagaimana Perencanaan Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Materi Sejarah Kebudayaan Islam Membantu Siswa Belajar Lebih Baik. Hasil penulisan ini ialah perencanaan guru mencakup guru kelas telah menyiapkan bahan untuk pembelajaran, yaitu rencana pelakasanaan pembelajaran (RPP), materi pengajaran, laptop dan infokus, Rekaman visual yang terkait dengan materi yang sedang diajarkan, bahan untuk evaluasi yang akan digunakan pada akhir pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Isnaeni, R., & Radia, E. H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–313. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.281

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Camelia, F. (2020). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6474

Stunting, P., & Kampung, D. I. (2022). Universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember fakultas dakwah. 1, 2022.

Sri, 2020. (2021). Modul Media Pembelajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesiam Journal of History Education, 3(1), 40–45.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750.

Institusi. Nomor standar. Judul. Tempat Publikasi. Penerbit. Tahun Publikasi.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126– 138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8

Rupawati, D., Noviani, L., & Nugroho, J. A. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 1–8.

Ikhsan, N. I., Irfani, F., & Ibdalsyah, I. (2022). Efektivitas Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs Badru Tamam. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 899–917. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i4.1006

Cecep Abdul Muis & Nina Nur Sholehah (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Miftahul Huda Babakan Tengah. Jurnal HASBUNA. 5 (1). https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.388

Muhammad Arif Nasruddin & Ayu Linda Wati (2023), Implementasi Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTs Walisongo Simojayan Ampelgading. JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 2 (1). https://doi.org/10.58788/jipi.v1i1.2480

Laila Naililmuna, & Wahyudi. (2025). Efektivitas Media Audio Visual dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 549–563. Retrieved from https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/2354

Mukhammad Luqman Hakim (2019). Pengembangan Media Video Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan 6 (2). https://doi.org/10.33650/pjp.v6i2.720

Yoanda Eka Putera, Salman Salman, Sakban Sakban, & Deprizon Deprizon. (2024). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa SD IT Ibnu Qoyyim Pekanbaru. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 129–138. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i4.1027

Cecep Abdul Muis, Nina Nur Sholehah (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mi Miftahul Huda Babakan Tengah. Jurnal HASBUNA. 5 (1). https://doi.org/10.70143/hasbuna.v5i1.388

Downloads

Published

2025-10-14