PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37859/jeits.v6i2.6531
Abstract
Abstrak
Motivasi adalah kemampuan hati manusia dalam melakukan sesuat perasaan gembira karena tertarik pada sesuatu. Tujuan Artikel ini untuk mengenali apa saja faktor-faktornya melemahkan semangat serta kompetensi belajar siswa upaya pendidik untuk menumbuhkan semangat belajar siswa kerena Metode ini bersifat kualitatif, berbasis literatur. Penelitian ini dilakukan dengan literatur review yang ada berupa Al-Quran, hadist dan temuan penelitian. Faktor yang menimbulkan motivasi belajar yaitu kawan sebaya, lingkungan, sarana prasarana sekolah. Upaya yang dilakukan guru untuk memperbaiki diri Motivasi belajar meliputi menjelaskan planning yang ingin dicapai, membangunkan keinginan belajar dalam diri siswa, menciptakan suasana yang menyenangkan saat pembelajaran berlangsung, menggunakan berbagai metode penyajian yang menarik, menawarkan pujian yang wajar atas keberhasilan setiap siswa, penilaian. Kesimpulan Salah satu penyebab yang berperan besar terhadap peningkatan semangat Siswa adalah guru. Guru harus kompetensi pedagogi, keterampilan pribadi, keterampilan dan kualifikasi professional sosial. Guru lebih memperhatikan kondisi anak di kelas, apa yang siswa perlu pelajari, guru perlu mengetahuinya.
Downloads
References
[2] O. T. Sasmita et al., “Peran guru kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar,” Februari, vol. 1, no. 1, pp. 2721–0294, 2020.
[3] S. Sumiati, “Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” TARBAWI J. Pendidik. Agama Islam, vol. 3, no. 02, pp. 145–164, 2018, doi: 10.26618/jtw.v3i02.1599.
[4] S. Fatimah, “Peran guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar,” J. Ilmu Tarb., vol. 9, no. 1, pp. 165–188, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/200%0A
[5] R. Febriany and Y. Yusri, “Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Sekolah,” Konselor, vol. 2, no. 1, pp. 8–15, 2013, doi: 10.24036/0201321727-0-00.
[6] A. Idzhar, “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Bantaeng,” J. Off., vol. 2, no. 2, pp. 222–228, 2016.
[7] M. P. Siswa, “Jurnal cermin ,” pp. 31–40, 2020.
[8] A. Bariyah, M. Jannah, and H. Ruwaida, “Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 7, no. 1, pp. 572–582, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4604.
[9] D. A. Ramadhani and M. Muhroji, “Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4855–4861, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2960.
[10] S. Mokoagow, “Peran Guru Pendamping dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” J. Elem. Educ. Res., vol. 1, no. 1, pp. 20–26, 2021, doi: 10.30984/jeer.v1i1.39.
[11] F. Fahrudin, M. Ulfah, P. Program, S. Manajemen, and P. Universitas, “Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa merupakan salah satu kegiatan integral yang harus ada dalam kegiatan pembelajaran . Selain memberikan dan mentransfer ilmu , guru juga bertugas untuk meningkatkan motivasi ana,” vol. 2, pp. 1304–1309, 2023.
[12] E. Manizar, “Peran guru sebagai motivator dalam belajar [The teacher’s role as a motivator in learning],” J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 2, pp. 171–188, 2015, [Online]. Available: jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047
[13] A. A. Abidin and Ismawati, “Strategi Menumbuhkan Minat dan Membangun Semangat Siswa dalam Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Gresik,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., 2021, [Online]. Available: https://www.ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/182/112
[14] Y. Febrita and M. Ulfah, “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Pros. DPNPM Unindra 2019, vol. 0812, no. 2019, pp. 181–188, 2019.
[15] S. Syaifullah, “Edu Sociata Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Wera,” Edu Sociata ( J. Pendidik. Sosiol. ), vol. 2, no. 1, pp. 17–27, 2018, doi: 10.33627/es.v2i1.63.





