Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di 1 SMK Negeri 2 Teluk Kuantan

  • Etti Hendriatni SMK Negeri 2 Teluk Kuantan
Keywords: Metode Pembelajaran, Snowball Throwing, aktivitas belajar, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di kelas XII BDP 2 peserta didik masih cenderung pasif baik dalam bertanya, menjawab pertanyaan maupun berdiskusi di dalam kelas. Tercatat hanya ada 7 siswa dari 26 siswa yang aktif dalam pembelajaran di kelas. Hal ini tentunya belum mencerminkan tujuan dari kurikulum 2013 yang diterapkan di sekolah ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas XII BDP 2  SMK Negeri 2 Teluk Kuantan tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 33 siswa. Hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan siswa dari post test siklus I ke post test siklus II mengalami peningkatan dan sudah menunjukkan tujuan indikator keberhasilan yaitu sebesar 75%. Siswa yang mampu memenuhi Kriteria Ketutasan Minimal (KKM) lebih dari 75% sebanyak 22 siswa atau 73% pada siklus I menjadi 26 siswa atau 84% pada siklus II

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ratumanan, T.G. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Potensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Ombak.
[2] Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[3] Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
[4] Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
[5] Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
[6] Isjoni. (2011). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.
[7] Kurniasih, Imas. & Sani, Berlin. (2014). Teknik dan Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kata Pena.
[8] Arikunto, Suharsimi., dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
[9] Somadayo, Samsu. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Graha Ilmu. Uno, Hamzah B. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
[10] Sa’dun Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[11] Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-03-31
Abstract views: 69 , PDF downloads: 0