Penerapan Model Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil BelajarPenataan Produk di SMK Negeri 2 Teluk Kuantan

  • helma yeni SMK Negeri 2 Teluk Kuantan
Keywords: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan yang dialami setiap siswa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar.. Guru harus memiliki keterampilan dalam mengajar dan menyampaikan materi yang disampaikan kepada siswa. Pemilihan metode atau model pembelajaran yang akan digunakan sebagai Alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran kooperatiftipe Teams Games Tournament. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa kelas XI BDP 1 SMK Negeri 2 Teluk Kuantan tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 34 siswa. Hasil belajar siswa setelah diimplementasikan model pembelajaran TGT meningkat secara signifikan dari pra siklus dengan persentase pencapaian KKM sebesar 68,24%. Sedangkan siklus I siswa yang memenuhi KKM dengan prosentase 61,76%. Pada siklus II dengan prosentase ketercapaian KKM sebesar 94,12%. Untuk hasil poin game tournament meningkat sebesar 5,8%, pada siklus I ke siklus II. Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran penataan produk siswa kelas XI BDP 1 SMK Negeri 2 Teluk Kuantan

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Dinas Pendidikan Nasuonal Dirjen Dikdasmen. 2004.Modul I, II, dan III Kurikulum SMK edisi  . Jakarta: Depdiknas
[2] Anita Lie. 2002. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas.Jakarta:PT. Grasindo
[3] Rustaman, N.Y., Arifin, M. & Permanasari, A. (2007). Mengefektifkan Pembelajaran Sains dan Animasinya untuk Mengembangkan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah dengan Berbagai Metode. Laporan Penelitian Hibah Pasca, didanai DP2M Ditjen Dikti.
[4] Abdul, Ghofur dkk (2010). “ Gaya Belajar Dan Implikasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa”. Jurnal An- Nafs, Vol 1.No 2.
[5] Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
[6] Pardjono,dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta; Lembaga Penelitian UNY
[7] Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian cet.16. Bandung : CV. Alfabeta
[8] Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
[9] Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D cet.9.Bandung:Alfabeta.
[10] E. Mulyasa. 2006. Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja.
Published
2024-03-31
Abstract views: 0 , PDF downloads: 0