Penerapan Metode Snowball Throwing pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Teluk Kuantan

  • erna yupita SMK Negeri 2 Teluk Kuantan
Keywords: Metode Pembelajaran, Snowball Throwing, aktivitas belajar, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di kelas XII BDP 2 peserta didik masih cenderung pasif baik dalam bertanya, menjawab pertanyaan maupun berdiskusi di dalam kelas. Tercatat hanya ada 7 siswa dari 26 siswa yang aktif dalam pembelajaran di kelas. Hal ini tentunya belum mencerminkan tujuan dari kurikulum 2013 yang diterapkan di sekolah ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas XII BDP 2  SMK Negeri 2 Teluk Kuantan tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 33 siswa. Hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan siswa dari post test siklus I ke post test siklus II mengalami peningkatan dan sudah menunjukkan tujuan indikator keberhasilan yaitu sebesar 75%. Siswa yang mampu memenuhi Kriteria Ketutasan Minimal (KKM) lebih dari 75% sebanyak 22 siswa atau 73% pada siklus I menjadi 26 siswa atau 84% pada siklus II

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Wina Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
[2] Slavin Robert E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik (Terjemahan). Bandung: Penerbit Nusa Media
[3] Saur Tampubolon. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sistem Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga
[4] Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi. Aksara.
[5] Sutrisno Hadi. (2004). Metodologi Reseach Jilid 3. Yogyakarta : Andi
[6] Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada
[7] Safitri, Dian. 2011. Model-Model Pembelajaran Snowball Throwing. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
[8] Abd Rahman. 2017. Penerapan Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Pada SDN No. Pantobete : jurnal kreatif online. Vol 5. No 4. Hal 12-24.
[9] Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[10] Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali pers
Published
2024-03-31
Abstract views: 0 , PDF downloads: 0