Pengaruh Model Pembelajaran Berbasisis Proyek (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan

  • Sintia Heriana Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Model, Project Based Learning, Berpikir Kritis

Abstract

Pembelajaran abad 21 melibatkan siswa untuk memiliki kemampuan terutama pemahaman, karakter, dan keterampilan. Berpikir kritis adalah kemampuan  berpikir reflektif yang berfokus pada pola pengambilan keputusan tentang apa yang harus diyakini, harus dilakukan dan dapat dipertanggung jawabkan. Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan karena seseorang yang berpikir kritis akan mampu berpikir logis, menjawab permasalahan permasalahan dengan baik dan dapat mengambil keputusan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang diyakini. Berpikir kritis adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berpotensi meningkatkat daya analitis kritis siswaditerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain One -Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 60 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis yang terdiri dari 20 soal tes. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t, dimana hasil perhitungan diperoleh hitung tabel thitung > ttabel  yaitu 2,113 >1,694. Dari hasil analisis tersebut diperoleh  temuan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan  model pembelajaran Project Based Learning dengan  model konvensional. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari nilai N-Gain yang dimana mendapatkan 70.35%  dengan kriteria tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ramadhani, W., Azim, F., & Purwanto, H. (2020). Pengaruh Penerapan Cooperative Learning Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Audio Video Di Smk Negeri I Sumbar. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 53–60. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i1.1844
Hamka, D., & Purwanto, H. (2021). Strategi Everyone Is a Teacher Here (Eth) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Sains Fisika. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(2), 51–58. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i2.2824
Mandagi, F. A. M., Palobaran, M., & Sudirman, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Media Elektrik, 19(1), 46. https://doi.org/10.26858/metrik.v19i1.27296
Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557
Rahayuningsih, S., & Kristiawan, I. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018), 1(2), 245–253
Pryanti, W., & Nasrudin, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Metode Blended Learning pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 508–515. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.508-515
Sumardiana, S., Hidayat, A., & Parno, P. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Pada Model Project Based Learning Disertai Stem Siswa Sma Pada Suhu Dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 874. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V4i7.12618.
Published
2024-03-31
Abstract views: 128 , PDF downloads: 65