UPAYA KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA UPT SDN 025 INDRASAKTI KECAMATAN TAPUNG

  • Nora Susanti SDN 025 Indrasakti
Keywords: kebijakan kepala sekolah, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait pendidikan karakter, mengetahui program serta pelaksanaannya dan mengetahui faktor-faktor serta bagaimana mengupayakan perbaikan dari hambatan di SDN 025 Indrasakti. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SDN 025 Indrasakti, Waka Kurikulum, Guru PKN. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kebijakan kepala sekolah di SDN 025 Indrasakti dalam meningkatkan pendidikan karakter. 2) SDN 025 Indrasakti memiliki program-program unggulan yaitu Peningkatan nilai Ujian Nasional (UN) dengan target 90,20, tahfidz Qur’an, pengembangan 5 bahasa asing (Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris), bimbingan TOEFL untuk kelas IX. 3) untuk evaluasi yaitu dengan adanya apel pagi yang dilaksanakan sebelum pembelajaran dimulai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Asmani, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press. 2013.
[2] Hermino, Agustinus. Kepemimpinan Pendidikan Di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2014.
[3] Irianto, Yoyon Bahtiar. Kebijakan Pembaruan Pendidikan: Konsep, Teori, dan Model. Jakarta: Rajawali Press. 2013.
[4] Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo. 2010.
[5] Listyarti, Retno. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreaktif. Jakarta: Erlangga. 2012.
[6] Mulyasa. Educational Leadership Mewujudkan Efektifitas Kepemimpinan Pendidikan. Malang: UIN Malang Press. 2012.
[7] Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara. 2013.
[8] Ningsih, Tutuk. Implementasi Pendidikan Karakter. Indrasakti: STAIN Press. 2014.
[9] Nugroho, Riant. Kebijakan Pendidikan Yang Unggul (Kasus Pembangunan Pendidikan Di Kabupaten Jembrana 2000-2006). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2008.
[10] Prihatin, Eka. Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: ALFABETA. 2013.
Published
2023-09-23
Abstract views: 45 ,