PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGURUTKAN PECAHAN PADA SISIWA KELAS VI SDN 013 MUKTISARI
Abstract
Kondisi SD menunjukkan belum dilaksanakan atau digunakan model pembelajaran kooperatif STAD secara optimal untuk pembelajaran matematika pada kompetensi dasar mengurutkan pecahan, termasuk di SDN 013 Muktisari. Oleh karena itu dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melalui kolaborasi dengan guru dan kepala sekolah. Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode deskriptif kualitatif model siklus dengan langkah-langkah : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa dan guru kelas VI SDN 013 Muktisari. Waktunya semester II tahun 2022. Pengumpulan data dengan observasi langsung selama tindakan dan hasil tes kemampuan siswa. Kesimpulan : Penanganan masalah yang dihadapi siswa kelas VI SDN 013 Muktisari dalam meningkatkan pemahaman konsep mengurutkan pecahan melalui pembelajaran kooperatif STAD perlu dilakukan secara terencana, sistematis dan berkelanjutan sehingga secara bertahap siswa menguasai kompetensi yang berhubungan dengan pembelajaran matematika.
Downloads
References
[2] Isjoni. Cooperatif Learning. Bandung : Alfabeta. 2009.
[3] Lie, Anita. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo. 2005.
[4] Marthinis Yamin. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press. 2007.
[5] Pupuh Fathurrohman. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Refika Aditama. 2009
[6] Purwanto. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Group Investigation. UNY. 2005.
[7] Retno Winarni. Penelitian Tindakan Kelas. Salatiga: Widya Sari Press. 2009.
[8] Slavin E, Robert. Coperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media. 2008.
[9] Sobry Sutikno. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Prospect. 2009
[10] Sugiyanto. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Modul PLPG. 2009.