PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERTUMBUHAN HEWAN DAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS III

  • Siti Maryatun Kiptiyah SDN 013 Muktisari
Keywords: hasil belajar IPA, materi pertumbuhan hewan dan tumbuhan, media audio visual

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil belajar siswa yang masih jauh dari ideal. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar nilai ketuntasan belajar IPA dengan KKM 70 hanya berkisar 30% dari seluruh jumlah siswa kelas III 013 Muktisari yang tuntas. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan KKM 70 sebanyak 80% dari jumlah siswa sudah tercapai. Begitu juga pada keaktifan belajar siswa pada siklus I ada 16 siswa atau 53%, naik menjadi 27 siswa atau 90% pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa siswa sudah aktif dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Abdul Aziz Abdur Ra’uf. Mushaf Al-Qur’an Terjemah. Jakarta: Al Huda. 2002.
[2] Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2004.
[3] Akhyarti. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Materi Penyerangan Pasukan Bergajah Terhadap Ka’bah dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas III MI Ma’arif Donorejo Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2010/2011. Semarang: 2011.
[4] Amir Hamzah Sulaeiman. Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: PT. Gramedia. 1985.
[5] Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2005.
[6] B. Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 1997).
[7] Basrowi, Suwandi. Proedur Penelitian Tindakan Kelas. Anggota IKAPI: Ghalia Indonesia. 2008.
[8] Charles E. Sukinner. Essential of Education Psychology. New York: Prentice-Hall. 2001.
[9] Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2010.
Published
2023-09-23
Abstract views: 48 ,