MUTU GURU SELAMA PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MASA PANDEMI DI SD NEGERI 013 MUKTISARI KECAMATAN TAPUNG

  • Hartanto SDN 013 Muktisari
Keywords: upaya kepala sekolah, mutu guru, pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkn mutu guru selama peoses belajar mengajar pada masa pandemi di Sekolah Dasar Negeri 013 Muktisari. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menghasilkan  data  dieskriptif  berupa  kata-kata  tulisan.  Adapun indikator mutu guru yaitu peningkatan kenerja guru, kedisplinan guru dalam penerapan pembelajaran selama proses belajar mengajar pada masa pendemi Covid- 19. Hambatan yang dihadapi guru selama proses belajar mengajar pada  masa  pendemi  seperti  sulitnya  jaringan  internet,  siswa  tidak  memiliki gadged, orang tua yang tidak paham dengan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Al Arifin, Akhmad Hidayatulla. Implementasi Pendidikan Multikultur Dalam Praktis Pendidikan Di Indonesia. Vol. 1, No. 1. 2012.
[2] Amalia, Andina,, Dkk, Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Vol. 13, No. 2. 2020.
[3] Anik, Ghufron. Kompetensi Guru Sekolah Dasar, Yogyakarta: FIP-UNY. 2008.
[4] Anizah, Dkk. Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru. Vol. 2, No. 1. 2017.
[5] Ariyani Rika. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Vol. V, No. 1. 2017.
[6] Chairani Ikfina. Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Gender di Indonesia. 2020.
[7] Darmadi Hamid. Tugas,Peran,Kompentsi, dsn Tanggung Jawab menjadi Guru Profesional. Vol. 13, No. 2. 2015.
[8] Kartowagiran, Badrun. Kinerja Guru Profesional. 2011.
[9] Lufri. Mengungkap Permasalahan Guru Profesional di Sumatra Barat Berdasarkan Tinjauan Beben Mengajar 24 Jam. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. 2013.
[10] Muflihah, Anik Dk. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Vol, 7, No. 2. 2019
[11] Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2017.
[12] Nurhaidah, Dkk. Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujukan Tenaga Guru Yang Profesional, Vol. 2 No.4. 2016.
[13] Nursyifa, Aulia Dkk. Pembinaan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Vol. 1, No.1. 2019.
[14] Ulya, Wildatun. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Vol. 8, No. 2. 2019.
[15] Pratama, Rio Erwan, Dkk. Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Vol. 1, No. 2. 2020.
Published
2023-09-23
Abstract views: 101 ,