Persepsi Kesiapan Kerja Mahasiswa Setelah Melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • maysaro simatupang Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Pengenalan Lapangan Persekolahan, Kesiapan Kerja, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Abstract

Kesiapan kerja mahasiswa merupakan keadaan yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa dan juga perguruan tinggi sebelum mahasiswa menyelesaikan studinya. Sehingga setelah lulus mereka akan bekerja dan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dengan waktu yang relatif singkat. Kurangnya kesiapan kerja mahasiswa tersebut disebabkan oleh Pengenalan Lapangan Persekolahan kurang diterapkan secara optimal dikarenakan kurang keterampilan dan mental yang kuat ketika menghadapi siswa, kurangnya kepribadian sebagai calon pendidik, dan kurangnya kesempatan untuk bereksplorasi dengan ilmu yang diberikan oleh pamong dan dosen pembimbing lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan mendeskripsikan kesiapan kerja mahasiswa setelah melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan angkatan 2019. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah responden 92 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Kesiapan kerja mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Riau dipengaruhi oleh Pengenalan Lapangan Persekolahan, ini dapat dibuktikan dengan nilai R – Square sebesar 0,638 (64%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Baiti, R. D., Abdullah, S. M., & Rochwidowati, N. S. (2017). Career Self-Efficacy Dan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir. In Jurnal Psikologi Integratif Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga (Vol. 5, Issue 2).
[2] Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja (Vol. 111, Issue 1).
[3] Sadikin, A., & Siburian, J. (2019). Analisis pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) FKIP Universitas Jambi bidang studi pendidikan biologi di SMA PGRI Jambi. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 90–99. https://doi.org/10.29405/j.bes/3290-993562
[4] Rosali, E. S., Singkawijaya, E. B., Hadi, M. I., & Noviyanti, R. W. (2019). Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Geografi Dalam Mengahadapi Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (E. S. Rosali, E. B. Singkawijaya, M. I. Hadi, & R. W. Noviyanti, Eds.). 2019.
[5] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
[6] Rosdiani, N., & Hidayat, A. (2020). Pengaruh Derivatif Keuangan, Konservatisme Akuntansi dan Intensitas Aset Tetap terhadap Penghindaran Pajak. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 1(2), 131–143.
[7] Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja (Vol. 111, Issue 1).
[8] Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 1–9.
[9] Jusmansyah, M. (2020). Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt To Equatiy Ratio, Total Asset Turn Over, Dan Return On Equatiy Terhadap Harga Saham. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 9(2), 179–198.
Published
2024-03-31
Abstract views: 1 , PDF downloads: 0