Penerapan Metode Student Teams Achievenment Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pola Bilangan di SMA Negeri 7 Pekanbaru

  • Dessy Sekolah

Abstract

Keaktifan belajar siswa di dalam kelas berdampak terhadap hasil belajar siswa, dimana hasil belajar matematika siswa tergolong masih kurang. Masih ada sebagian besar siswa yang tidak memahami konsep pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari gejala-gelaja seperti Masih banyaknya siswa yang tidak tuntas saat diadakannya tes. Penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Reasech) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi pembelajaran Aktif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penerapan strategi pembelajaran aktif Student Team Acievement Division mampu meningkatkan keaktifan atau partisipasi belajar peserta didik. Dimana proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan menyenangkan sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk belajar. Penerapan strategi pembelajaran aktif Student Team Acievement Division mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan persentase pada siklus I sebesar 80,85 %, siklus II sebesar 84,82 % dan siklus III sebesar 89,38%..

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Hamruni. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
[2] Sofan Amri. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka
[3] Nurlela Isnawati. 2010. Guru Positif Motivatif. Yogyakarta : Laksana
[4] Ahmad Rohani. 2004. Pengelola Pengajaran. Jakarta: Eineka Cipta
[5] Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
[6] Supardi. 2014. Pengaruh pembelajaran Matematikan realistic terhadap hasil berajar (Jurnal)
[7] Istarani, Muhammad Ridwan. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada
[8] Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
[9] Ridwan Abdullah Sani. 2009. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
[10] Robert E Slavin. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
[11] Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
[12] Rifa’i, A. & C. T. Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU & MKDK UNNES.
[13] Slameto. 2013. Belajar Dan faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta,
[14] Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
[15] Eny Sutarti. 2021. Penerapan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Kewarganegaraan.Vol 5 No 1
[16] Faisal Akhmad. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, Vol 2, Nomor 2,
Published
2024-03-31
Abstract views: 0 , PDF downloads: 0