Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang

  • Firmadani Sekolah

Abstract

Proses pembelajaran IPA yang dilakukan masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa pasif yang hanya duduk, diam, dengar, catat dan hafal. Kegiatan ini mengakibatkan siswa kurang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran yang cenderung menjadikan mereka cepat bosan dan malas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu sebuah proses investigasi terkendali yang berdaur ulang dan bersifat reflektif mandiri, yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi, kompetensi, atau situasi. hasil belajar per siklus dimana pada pra siklus ada 19 peserta didik atau 45%, siklus I ada 27 peserta didik atau 64%, dan pada siklus II ada 36 peserta didik atau 86%, peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa per siklus dimana pada siklus I ada 26 peserta didik atau 61%, mengalami kenaikan pada siklus II yakni ada 38 peserta didik atau 90%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
Abstract views: 2 , PDF downloads: 2