Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Penerapan Reward and Punishment

  • Tavip sma8 SMA Negeri 8 Pekanbaru
Keywords: Upaya Meningkatkan, Reward and Punishment, Disiplin Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Penerapan Reward And Punishment di SMA Negeri 8 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri 8 Pekanbaru yang terdiri dari 59 orang guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). PTS merupakan suatu prosedur penelitian yang diadaptasi dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan sekolah merupakan “(1) penelitian yang menekankan pada tindakan dan refleksi berdasarkan pertimbangan rasional dan logis untuk melakukan perbaikan terhadap suatu kondisi nyata; (2) memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan; dan (3) memperbaiki situasi dan kondisi sekolah / pembelajaran secara praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Reward dan Punishment berpengaruh positif dan efektif untuk meningkatkan disiplin kehadiran guru dikelas pada kegiatan belajar mengajar. Data yang diperoleh dari data guru SMA Negeri 8 Pekanbaru menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa Reward dan Punishment, guru yang terlambat lebih dari 15 menit adalah 0, dan guru yang terlambat kurang dari 10 menit sebanyak 5 orang guru, dan guru yang datang sesuai jam pelajaran berjumlah 31 guru. Penerapan Reward dan Punishment dapat meningkat disiplin guru hadir didalam kelas pada kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 8 Pekanbaru.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
[2] Rusmaini. (2014). Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press
[3] Asvio, N. Y. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).
[4] Septiani, V. &. (2019). Education and Training Strategy in Palembang Aviation College. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8 (3).
[5] Akhmad Sudrajat, (2010) Manfaat Prinsip dan Asas Pengembangan Budaya Sekolah. [On Line]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/03/04/manfaat- prinsip-dan-asas-pengembangan-budaya-sekolah/
[6] Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
[7] Hasibuan Malayu S.P. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia
[8] Sumarso.(2010). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di SmpNegeri 3 Mandalawangi Kabupaten Pandeglang
[9] Heidjrachman, Ranupandjojo dan Suad Husnan, 2002. Manajemen Personalia. Edisi IV, Yogyakarta: BPFE.
[10] Bambang Nugroho. (2006). Reward dan Punishment. Bulletin CiptaKarya Departemen Pekerjaan Umum Edisi No. 6/IV/Juni 2006
[11] Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
[12] Masykur, R. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. In Aura Publisher (Issue September). Aura Publisher
[13] Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3758–3768. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I6.1303
[14] Sugeng Muhari. 2022. Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Penerapan Reward and Punishment Di MTs Negeri 3 Bantul. Prosiding The 3rd Annual Conference on Madrasah Teachers (ACoMT). Volume 05, Desember 2022 | ISSN: 2962-1240 (p); 2964-9862 (e) https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/ACoMT
[15] Harini Irawati.2017. Upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar Dikelas melalui penerapan reward and punishment di smp negeri 3 Selat kabupaten kapuas tahun 2017
[16] Andi Efendi. 2020. Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di Smp Negeri 6 Dumai. Jurnal Pendidikan Tambusai
Published
2024-03-31
Abstract views: 3 , PDF downloads: 2