Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Google Classroom Guna Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa
DOI:

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) berbasis Google Classroom. Subjek penelitian adalah sisiwa kelas Kelas XII AK1 SMKN 1 yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian adalah 1) Penerapan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) berbasis Google Classroom, dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada didalamnya maka minat belajar siswa menjadi lebih baik. 2) Penerapan pendekatan RME dapat Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII AK1 SMKN 1 Benai. Pada siklus I siswa dengan kategori berminat berjumlah 34.48% menjadi 62.07 % pada siklus II. 3) Penerapan pendekatan RME dapat Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII AK1 SMKN 1 Benai, pada siklus I siswa yang mencapai KKM berjumlah 55.2% dan pada siklus II meningkat menjadi 82.8%.
Downloads
References
[2] Brock, Annie. Introduction To Google Classroom: An Easy-To-Use Guide To Taking Your Classroom Digital. Createspace Independent Publishing Platform. 2015.
[3] Class, Alexa. Google Classroom: 2018 User Manual To Learn Everything You Need To Know About Google Classroom. Createspace Independent Publishing Platform. 2018.
[4] Corbyn, Gregory. Google Classroom: 99 Ideas How To Use Google Classroom Effectively. The Ultimate Guide To Learn Google Classroom. Independently Published. 2019.
[5] Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka. Cipta. 2006.
[6] Hurlock, E.B. Perkembangan anak (jilid 1). Jakarta: Erlangga. 2005.
[7] Kemmis, Stephen., Robin Mc Taggart. The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press. 1998.
[8] Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.
[9] Witherington, H.C. Educational Psycology, terjemahan M Buchori. Jakarta : Aksara. 1978.