Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Google Classroom Guna Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa

  • Sesweti Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), google classroom, minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) berbasis Google Classroom. Subjek penelitian adalah sisiwa kelas Kelas XII AK1 SMKN 1 yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian adalah 1) Penerapan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) berbasis Google Classroom, dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada didalamnya maka minat belajar siswa menjadi lebih baik. 2) Penerapan pendekatan RME dapat Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII AK1 SMKN 1 Benai. Pada siklus I siswa dengan kategori berminat berjumlah 34.48% menjadi 62.07 % pada siklus II. 3) Penerapan pendekatan RME dapat Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII AK1 SMKN 1 Benai, pada siklus I siswa yang mencapai KKM berjumlah 55.2% dan pada siklus II meningkat menjadi 82.8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ayuningtyas, Putri. Studi Korelasi Antara Minat Belajar Dan Persepsi Terhadap MetodeMengajar Dengan Keterlibatan Belajar Mahasiswa Pada Posisi Duduk Di Belakang. Ubaya. 2005.
[2] Brock, Annie. Introduction To Google Classroom: An Easy-To-Use Guide To Taking Your Classroom Digital. Createspace Independent Publishing Platform. 2015.
[3] Class, Alexa. Google Classroom: 2018 User Manual To Learn Everything You Need To Know About Google Classroom. Createspace Independent Publishing Platform. 2018.
[4] Corbyn, Gregory. Google Classroom: 99 Ideas How To Use Google Classroom Effectively. The Ultimate Guide To Learn Google Classroom. Independently Published. 2019.
[5] Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka. Cipta. 2006.
[6] Hurlock, E.B. Perkembangan anak (jilid 1). Jakarta: Erlangga. 2005.
[7] Kemmis, Stephen., Robin Mc Taggart. The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press. 1998.
[8] Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.
[9] Witherington, H.C. Educational Psycology, terjemahan M Buchori. Jakarta : Aksara. 1978.
Published
2023-04-13
Abstract views: 73 ,