Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X ATPH SMKN 1 Logas

  • Misriadi Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: talking stick, minat belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 SMAN 1 Logas Tanah Darat yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 10 Siswa laki-laki. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan test. Adanya peningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick pada materi membaca Q.S. al-Hujurat sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf dapat dilihat dari peningkatan minat belajar siswa yang semula sebelum pelaksanaan siklus minat belajar siswa dikategorikan rendah. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi 70%, pada tindakan siklus II minat belajar siswa meningkat menjadi 90% dari keseluruhan jumlah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ayuningtyas, Putri. Studi Korelasi Antara Minat Belajar Dan Persepsi Terhadap MetodeMengajar Dengan Keterlibatan Belajar Mahasiswa Pada Posisi Duduk Di Belakang. Ubaya. 2005.
[2] Drajat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi. 1992.
[3] Hurlok, Elizabet B. Pengembangan Anak, jilid II. Jakarta: Erlanga. 1999.
[4] Lie, Anita. Cooperative Learning. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia. 2002.
[5] Kemmis dan Mc Taggart Loekmono, Lobby J.T. (1994). Belajar Bagaimana Belajar. Salatiga: BPT Gunung Mulia.
[6] Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
[7] Suprijono. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar. 2009.
[8] Yamin, Martinis. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group. 2013.
Published
2023-04-13
Abstract views: 63 ,