Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajarn DMR (Diskursus Multy Reprecentacy)

  • Lelies Marni Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: metode Diskursus Multi Reprentasi (DMR), pemecahan masalah, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran DMR. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian adalah: 1) Penerapan Model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada kelas XI IPA 3 SMAN 14 Pekanbaru.  pada siklus I dikategorikan rendah. Karena siswa yang memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan kategori rendah karena hanya 13.9 % siswa yang memperoleh kategori sedang. Pada siklus II komulatif perolehan skor tinggi dan sedang meningkat menjadi 77.78%. 2) Penerapan Model pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dapat  meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM berjumlah 61.1%. meningkat menjadi 91.7%. pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia. 1997.
[2] Djamarah, S.,B., dan A, Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Reneka Cipta. 1997.
[3] Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2005.
[4] Johnson, D. W. & Johnson, R. T. Learning together and alone, Cooperative, Competitive, and individualistic learning (4th ed.). Boston: Allyn and Bacon. 1994.
[5] Kemmis, S dan R. Mc Taggart. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University. 1988.
[6] Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2009.
[7] Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo. 2014.
[8] Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta. 2003.
[9] Saripudin, W., U., dan Soekamto. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta : PAU Ditjen Dikti Depdikbud. 1996.
[10] Suyatno. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana. 2009.
Published
2023-04-13
Abstract views: 97 ,