Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) Guna Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Pada Kelas XII IPA 2 SMAN 14 Pekanbaru

  • Ancilia Esmina Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition), aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Model pembelajaran AIR adalah model yang menekankan pada tiga aspek, yaitu Auditory, Intelectually dan Repetition. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 14 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 SMAN 14 Pekanbaru yang berjumlah 37 orang. Data yang diperoleh melalui observasi dan tes. Kesimpulan penelitian yaitu 1) Penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I siswa yang terlibat aktif pada pembelajaran Biologi yaitu 64.2%. meningkat menjadi 81.1% Pada siklus II. 2) Penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dapat meningkatkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM berjumlah 23 orang atau 62.2%. meningkat menjadi 32 orang arau 86.49% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2005.
[2] Huda, Miftahul. Model-Model Pengajarandan Pembelajaran. Yogyakarta: PustakaPelajar. 2003.
[3] Humaira, Mira. Pengaruh pembelajaran guided inquiry melalui discovery learning terhadap kemampuan scientific inquiry literacy siswa pada materi pencemaran lingkungan. (Skripsi). FPMIPA. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. 2012.
[4] Isjoni. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Rosda Karya. 2009.
[5] Kemmis dan Mc teggart. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University. 1998.
[6] Nana Sudjana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. 1995.
[7] Nasution. Metodologi Penelitian Naturalistic. Bandung : PN. 2000
[8] Sardiman, A., M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers. 2007
[9] Soekamto dan Udin Saripudin Winataputra. Teori Belajar dan Model-model Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers. 1996.
[10] Suprijono, Agus. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelaja. 2009.
Published
2023-04-13
Abstract views: 101 ,