Penerapan Pelatihan Asertif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMKN 1 Dumai

  • Kristina Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: kepercayaan diri, pelatihan asertif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa melalui metode pelatihan asertif pada siswa SMKN 1 Dumai. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian kelas X SMKN 1 Dumai yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan observasi. Instrumen yang  digunakan adalah skala kepercayaan diri dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kondisi awal hasil pre-test dengan skor rata-rata kepercayaan diri siswa 95,69 dan dikategorisasikan dalam kepercayaan diri sedang. (2) Peningkatan hasil post-test skor kepercayaan diri rata-rata sebesar 106,33 dan dikategorisasikan dalam kepercayaan diri tinggi. Peningkatan skor kepercayaan diri siswa dari pre-test ke post-test yaitu sebesar 10,64. (3) Observasi pada saat pemberian tindakan untuk peningkatan kepercayaan diri menunjukkan antusiasme tinggi dalam metode pelatihan asertif dari kegiatan I, II, III, dan IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Al-Mighwar, M. Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia. 2006.
[2] Anita Lie. 101 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2003.
[3] Corey, Gerald. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama. 2003.
[4] Florentin, R., Susanti. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas VIII SMP Santa Maria Fatima. Jurnal Psiko-Edukasi (Nomor 6 Tahun 2008). Hlm 21-33. 2008
[5] Geldard, Kathryn & Geldard, David. Konseling Remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.
[6] Hetti, Rahmawati. Modifikasi Perilaku. Malang: LP3 Universitas Negeri Malang. 2008.
[7] Latipun. Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang. 2003.
[8] Nursalim dkk. Strategi Konseling. Surabaya: Unesa University Press. 2005.
[9] Santrock, J.W.. Adolescense: Perkembangan Remaja (edisi keenam). Jakarta: Erlangga. 2003.
Published
2023-04-13
Abstract views: 66 ,