Penerapan Pelatihan Asertif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMKN 1 Dumai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa melalui metode pelatihan asertif pada siswa SMKN 1 Dumai. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian kelas X SMKN 1 Dumai yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kondisi awal hasil pre-test dengan skor rata-rata kepercayaan diri siswa 95,69 dan dikategorisasikan dalam kepercayaan diri sedang. (2) Peningkatan hasil post-test skor kepercayaan diri rata-rata sebesar 106,33 dan dikategorisasikan dalam kepercayaan diri tinggi. Peningkatan skor kepercayaan diri siswa dari pre-test ke post-test yaitu sebesar 10,64. (3) Observasi pada saat pemberian tindakan untuk peningkatan kepercayaan diri menunjukkan antusiasme tinggi dalam metode pelatihan asertif dari kegiatan I, II, III, dan IV.
Downloads
References
[2] Anita Lie. 101 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2003.
[3] Corey, Gerald. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama. 2003.
[4] Florentin, R., Susanti. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas VIII SMP Santa Maria Fatima. Jurnal Psiko-Edukasi (Nomor 6 Tahun 2008). Hlm 21-33. 2008
[5] Geldard, Kathryn & Geldard, David. Konseling Remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.
[6] Hetti, Rahmawati. Modifikasi Perilaku. Malang: LP3 Universitas Negeri Malang. 2008.
[7] Latipun. Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang. 2003.
[8] Nursalim dkk. Strategi Konseling. Surabaya: Unesa University Press. 2005.
[9] Santrock, J.W.. Adolescense: Perkembangan Remaja (edisi keenam). Jakarta: Erlangga. 2003.