Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VI SDN 001 Simalinyang Kecamatan Kampar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa kelas VI SDN 001 Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VI SDN 001 Simalinyang yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil rata-rata sikap siklus I mencapai 58,33% sedangkan siklus II diperoleh hasil rata-rata sikap sebesar 77,5%. Dengan demikian, Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD N 001 Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar.
Downloads
References
[2] Dwi Siswoyo, dkk. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. 2007.
[3] John W. Santrock. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2010.
[4] KTSP. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BP Cipta Jaya. 2007.
[5] Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2006.
[6] Nyimas Aisyah, dkk. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan. 2007.
[7] Oemar Hamalik. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2007.
[8] Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.
[9] Sri Subarinah. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas. 2006
[10] Sugihartono, dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. 2007.
[11] Sugiman. Peningkatan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realsitik. Yogyakarta: FMIPA UNY. 2011.
[12] Suharsimi Arikunto. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. 2007.
[13] Suharsimi Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2005.
[14] Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama. Mengenal penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks. 2010.