Implimentasi Link and Match 8+I Sekolah Pusat Keunggulan SMK Negeri 7 Pekanbaru

  • Afriyadi Darma Putra fellowship
Keywords: Implementasi, link and match, Pusat Keunggulan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan link and match 8+i pada semua program keahlian yang ada di SMK Negeri 7 Pekanbaru yang merupakan salah satu sekolah pusat keunggulan di Kota Pekanbaru. Penerapan link and match 8+i ini dilihat dengan menganalisa kurrikulum, instruktur dari industri dan dunia usaha serta dunia kerja, praktek kerja lapangan, sertifikasi bagi lulusan dan guru, pelatihan guru, teaching factory, komitmen penyerapan lulusan, serta inovasi lain yang dilaksanakan bersama.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelarasan kurikulum untuk kompetensi keahlian Teknik Otomasi Industri telah terlaksana dengan PT. Dinamika Harmoni Insan Andalan, mitra praktek kerja lapangan untuk Teknik Kendaraan Ringan sebanyak 18 tempat, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor sebanyak 20 tempat, Teknik Pendingin dan Tata Udara sebanyak 17 tempat, Teknik Otomasi Industri sebanyak 12 tempat. Teknik Komputer dan jaringan sebanyak 16 tempat, Rekayasa Perangkat Lunak sebanyak 10 tempat, Multimedia sebanyak 15 tempat, Animasi sebanyak 12 tempat, Akutansi dan Keuangan Lembaga sebanyak 11 tempat dan Perbangkan Syariah sebanyak 17 tempat.

Guru kejuruan yang berjumlah 18 orang sudah melakukan upskilling dan reskilling di Balai Besar Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi yang ada di Indonesia. Dan sebanyak 15 orang guru kejuruan sudah tersertifikasi oleh industri. Alumni untuk tahun 2021 sebanyak 264 orang sudah bekerja, 99 orang melanjutkan ke perguruan tinggi, 78 orang berwirausaha dan 42 orang tidak dapat diketahui. Pembelajaran berbasis proyek nyata dalam pembuatan alat pendeteksi tegangan, arus dan cos phi berbasis internet of think dilakukan dengan PT. Dinamika Harmoni Insan Andalan. Inovasi lain yang sudah terlaksana adalah pembuatan sistem informasi administrasi akademik dengan berkolaborasi dengn Politeknik Caltex Riau dan PT. Pertamina Hulu rokan dengan memanfaatkan program Corporate Social Responsibility.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pemerintah Inonesia 2003. Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional no. 20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta.
Peraturan Pemerintah no.19 tahun 2005. Standar Pendidikan Nasional. Jakarta.
Pemerintah Indonesia 1990. Tentang Pendidikan Menengah. Jakarta.
Instruksi Presiden no. 9 tahun 2016. Revitalisasi sekolah menenegah kejuruan. Jakarta
Kemdikbud. 1993. Tentang kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta.
Kemdikbud. 2018. Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Khusus. Jakarta.
Kemdikbud. 2019. Penyelarasan Program Keahlian (Dual System) SMK 4 tahun. Jakarta.
Kepmendikbud 2021. Juknis penyelenggaraan SMK Pusat Keunggulan. Jakarta.
Widyatama, Bastian. 2013. Cara Membuat daftar pustaka. Bandung
http://catatanshard blogspot.co.id/2018/05. Pengertian dan tujuan prakerin.
http://www.sumberpengertian.com/2018. Pengertian prakrerin
Published
2023-05-02
Abstract views: 384 , PDF downloads: 0