PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA PADAMATERI MENGENAL RUMAH ADAT INDONESIA DENGAN PENGGUNAAN GALLERY WALK

  • Yeni Ariza Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga
Keywords: Hasil belajar, PKN, Rumah adat, Gallery walk

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Subyek penelitian ini adalah Siswa Kelas III SDN 005 Hangtuah.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Penerapan model pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn khususnya kompetensi dasar Mengenal Rumah Adat di Indonesia bagi siswa kelas III SDN 005 Hangtuah TahunPelajaran 2021/2022. siklus II sebanyak 94 % (16 anak) mencapai ketuntasanbelajar dan sebanyak 6 % (1 anak ) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata kelas pada kondisi awal 72,35, nilai rata-rata kelas pada siklus I 77,94 danrata-ratakelassiklusII84,12.Adapunhasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan ketuntasan belajar siswa mencapai peningkatan sebesar 41% dannilai rata-rata kelasmeningkat11,77 jikadibandingkan dengan kondisi awal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama RI, Departemen, Al-Qur`an dan Terjemahnya, Surabaya : Surya Cipta Aksara, 2001.
Agung, A. A. Gede, Metodologi Penelitian Pendidikan, Singaraja : IKIP, 2005.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 1999.
Elita, Three Part Lesson - What is Gallery Walk ?, dalam http://teachingrocks.ca/three-part-lesson-what-gallery-walk/ diakses 20 Februari 2015.
E. Mulyasa, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2010.
Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, M. Shobry, Strategi Belajar Mengajar : Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung : PT. Refika Aditama, 2010.
Hakiim, Lukmanul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV. Wacana Prima, 2011.
Ibn Ismail al-Bukhari, Muhammad, Shahih al-Bukhari, Indonesia : Maktabah Dahlan, tt, juz I.
Ismail SM, M.Ag, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang : RaSAIL, 2009.
F. Punch, Keith, Introduction To Research Methods In Education, Singapore : SAGE Publications Asia-Pacific Pte Ltd, 2009.
Gray, Shelley, Using Gallery Walks in the Classroom, dalam http://www.teachingintheearlyyears.com /2012/09/using-gallery- walks-in-classroom.html diakses taggal 20 Februari 2015.
J. Moleong, Lexy, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Koentjaraningrat, Metode-Metode Penelitian Masyrakat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1994.
Mulyaningrum, Novida dan Rivai, Andi, Pendidikan Kewarganegaraan unntuk SD/MI Kelas III, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Pendidikan Madrasah, Direktorat, Pedoman Sistem Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen AgamaRI 2010.
Prihatin, Eka, Guru Sebagai Fasilitator, Bandung : PT. Karsa Mandiri Persada. 2008.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana, 2008.
Silberman, Melvin, 101 Active Learning, Bandung : Nuansa Cendekia, 2009. Sudarto, Metodelogi Penelitian Filsafat, Jakarta : Raja Grafindo,1996.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : CV. Alfabeta, 2005.
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 1997.
Sumiati dan Asra, Metode Pembelajaran, Bandung : CV. Wacana Prima, 2011.
Tim Penyusun KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2005.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana, Evaluasi Hasil Belajar, Surabaya: Usaha Nasional, 1990.
Wiriaatmadja, Rochiati Metode Penelitian Tindakan Kelas : Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Rusyan, Tabrani, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar, Bandung : Bina Budaya, 1993.
Zarnuji, Syekh, Syarah Ta’lim Muta’alim, Semarang : Toha Putra, t.th.
Zuriah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan : Teori - Aplikasi, Jakarta : Bumi Aksara, 2006.
Published
2022-08-16
Abstract views: 16 , PDF downloads: 15