UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI PELATIHAN SIMULASI DI SMP NEGERI 4 TAMBANG

  • Emelfa Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga
Keywords: Kemampuan guru, RPP, Pelatihan simulasi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tambang Kabupaten Kampar, jumlah guru yang terlibat sebanyak 20 orang guru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Sebagai kesimpulan akhir kegiatan penelitian tindakaan sekolah ini, adalah sebagai berikut: (1)Peran Pengawas Sekolahdalam pembinaan sangat dibutuhkan dalam memotivasi guru-guru SMP Negeri 4 Tambang untuk meningkatkan kinerjanya terlihat pada hasil penelitian siklus 1 sampai dengan siklus 2, kinerja guru mengalami peningkatan sangat signifikan. (2)Kemampuan guru-guru SMP Negeri 4 Tambang Kabupaten Kampar meningkat dalam penyusunan RPP dari siklus 1 dan 2 terjadi peningkatan sejak pengambilan data awal, disebabkan adanya motivasi untuk mengikuti pelatihan dan penyusunan RPP. (3)Tingkat pengetahuan dan pemahaman guru tentang keterlaksanaan penyusunan RPP pada siklus 1 masih lemah, namun setelah siklus 2 semua guru berjumlah 20 orang guru sudah memiliki kinerja dalam katagori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSNP.(2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: BSNP.
Makmum, Abin Syamsudin. (2005). Psikologi Kependidikan, Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Panitia Pelaksana Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 10 Jawa Barat. (2009). Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Pengawas. Bandung:
Published
2022-08-16
Abstract views: 7 , PDF downloads: 5