PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK SISWA KELAS VI SD

  • Yulinar Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga
Keywords: Hasil belajar, PKN, Model Pembelajaran Scramble

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) dengan menggunakan model pembelajaran scramble untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 002 Kebundurian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 002 Kebundurian yang berjumlah 17 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri 002 Kebundurian setelah menggunakan model pembelajaran scramble   pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan  pembelajaran  dengan  model  pembelajaran  scramble, siswa yang mencapai nilai ≥75 sebesar 70,59% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,24% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II yaitu guru membagi kelompok menjadi lebih jelas,  anggota kelompok  diperkecil  jumlahnya,  dan  pemberian  reward  kepada siswa yang tenang. Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Azra, A. (2000). Demokrasi, Hak asasi manusia, dan Masyarakat Madani: TIM ICCE UIN Jakarta. Jakarta: KENCANA.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kawuryan, S.P. (2014). Panduan Praktikum: Pengembangan Pendidikan IPS SD. Yogyakarta: FIP UNY.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja rosdakarya.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sadulloh, U. (2010). PEDAGOGIK (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumantri, M dan Permana, J. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Sunarso, dkk. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan: PKN untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Published
2022-08-16
Abstract views: 7 , PDF downloads: 6