PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI BERPERILAKU MULIA SESUAI PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VCT PERCONTOHAN

  • Ernita Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga
Keywords: Model Pembelajaran VCT Percontohan, Hasil Belajar, Berperilaku Mulia

Abstract

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 005 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar sebanyak 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data melalui hasil tes formatif dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada tema Berperilaku Mulia Sesuai Pancasila. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran VCT Percontohan pada mata pelajaran PKn materi Berperilaku Mulia Sesuai Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa di kelas, dan performansi guru.Oleh karena itu, disarankan agar pada mata pelajaran PKn atau lainnya dapat menggunakan model pembelajaran VCT Percontohan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Zainul Ittihad. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Andriez. 2007. Tujuan PKn Diunduh http://andriez1980.blogspot.com/2007/07/tujuan-pkn.html[diakses pada [07/03/2020].
Anni, Catharina Tri. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: MKU UNNES. Arikunto,
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azis, Abdul. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Diunduh dari htpp:// azisgr.blogspot.com/2010/05/pendidikan-kewarganegaraan- pkn.html. [diakses pada 01/03/2020].
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman dan Wuri Wuryandani. 2020. Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Untuk PGSD dan Guru SD. Yogyakarta: Nuha Litera
Kurniawan, Nursidik. 2007. Karakteristik dan Kebutuhan Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar. Diunduh dari http://nhowitzer.multiply.com/journal/item/3. [diakses pada 08//2020]
Murni, Bugis Amir. 2010. Peningkatan Pemahaman Nilai Moral Melalui Pembelajaran PKn Berbasis Value Clarivication Technique ( VCT) Pada Siswa Kelas IV SDN Beji Pasuruan. Di Unduh dari http://karya- ilmiah.um.ac.id/indekS.php/KSDP/ article/view/7219[diakses pada 01/03/2020]
Nurlaili,Lili. 2008, Pendidikan Kewarganegaraan : Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ubaedillah, A. dkk. 2008. Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.
Winataputra, Udin S. dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran PKN SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2022-08-16
Abstract views: 63 , PDF downloads: 53