Penerapan Alat Peraga Asli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Kuntu Kecamatan Kampar Kiri

  • nurmati Sekolah Dasar Negeri 008 Kuntu
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Peraga Asli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan menggunakan benda asli pada siswa kelas IV SD Negeri 008 Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Aspek yang diamati pada tiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru, serta proses pembelajaran materi pokok pecahan menggunakan alat peraga asli. Subjek penelitian berjumlah 15 siswa yang terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.

Hasil penelitian kemampuan siswa dalam materi pokok pecahan, setiap siklus mengalami peningkatan. eningkatan nilai rata- rata dari siklus I ke siklus II 13,73, peningkatan persentasenya 53,33%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 8 siswa. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus II ke siklus III 9,80, peningkatan persentasenya 20%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 3 siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus III, bahwa alat peraga benda asli yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam materi pokok pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 008 Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2003. Tentang Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Matematika.
Djamarah. 2005. Pengukuran Skala Sika. Bandung: Angkasa.
Hamalik, Oe.1997. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Aqib, Z. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Yiama Widya.
Diens. 2018. Teori Belajar Permainan Dienes dalam Pembelajaran Matematika, http://www.masbied.com/2010/03/20/teori-belajar-permainan-dienes- dalam-pembelajaran-matematika/ , diakses tanggal : 26 maret 2018.
Iswadji, D. 2003. Pengembangan Media Alat Peraga Pembelajaran Matematika di SLT. makalah tidak dipublikasikan.
Nasution, N. (2003). Pendidikan Matematika di SD Modul 1-6. Jakarta: Universitas Terbuka.
Peaget. 1979. How children learn mathematics. Second Edition http://books.google.co.id/books/about/How_children_learn_mathematics.html?id=lvcpAQAAMAAJ&redir_esc=y. diakses tanggal : 26 maret 2018.
Published
2021-09-28
Abstract views: 73 ,