Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Kampar Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan supervisi kepala sekolah SMAN 2 Kampar Timur; (2) kinerja guru SMAN 2 Kampar Timur; dan (3) pengaruh pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMAN 2 Kampar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian “ex post facto”. Subyek penelitian ini adalah para guru SMAN 2 Kampar Timur yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskiptif kuantitatif. Selanjutnya penyajian data menggunakan teknik tabulasi atau persentase jawaban dari keseluruhan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah yang mencakup persiapan mengajar, penggunaan metode dan instrumen, dan penentuan prosedur evaluasi dan pemanfaat hasil evaluasi tingkat ketepatannya dalam kategori “baik”; (2) Kinerja guru yang mencakup penyusunan RPP, membuka pembelajaran, proses pembelajaran, penutupan pembelajaran, evaluasi hasil proses belajar, dan evaluasi pembelajaran tingkat ketepatannya dalam kategori “baik”; dan (3) pelaksanaan supervisi kepala sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar 79% terhadap kinerja guru
Downloads
References
Cece Wijaya. (1999). Kemampuan Dasar dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
E. Mulyasa. (2000). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Burhanudin. (1990). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
_______ (1994). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
_______(2005). Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
_______(2006). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Era Otonomi Pendidikan. Malang
Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE
Gugup Kismono. 2001. Bisnis Pengantar. Yogyakarta: BPFE
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ngalim Purwanto. (2006). Administrasi & Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
PERMENDIKNAS No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
_______________No 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya
Piet Sahertian. (2000). Supervisi Pendidikan dalam Rangka Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta
_________(2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta