Penerapan Teaching Games For Understanding Pada Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli SMA Negeri 1 Tapung Hulu

  • Sarripudin SMA Negeri 1 Tapung Hulu
Keywords: TGfU, Passing Bawah, Pendekatan

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi penggunaan metode mengajar permainan bolavoli yang tidak tepat sehingga siswa tidak aktif dan kurang tertarik.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran passing bawah bolavoli melalui pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) pada kelas XI SMAN 1 Tapung Hulu.

Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Tapung Hulu berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasi. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu, lembar observasi untuk guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) dapat meningkatkan proses pembelajaran passing bawah. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa (1) pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) siswa menjadi lebih aktif, senang dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran bolavoli, (2) Hasil belajar yang dicapai siswa meningkat dengan nilai rata-rata kelas 76,5 % (Sangat Baik) dan hasil observasi keaktifan siswa dengan skor total 9 (Baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus S. Suryobroto. (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani: Universitas Negeri Yogyakarta:Fakultas Ilmu Keolahragaan
Direktorat Jenderal Olahraga dan Pemuda.(1970).Bagaimana Bermain Bola
Volley.Jakarta: Proyek Pendidikan Olahraga STO/SMOA.
Eri Rasmiyatun.(2011). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah dengan Model Bermain Bola Pantul Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sokawera Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2010-2011.Skripsi.FIK-UNY.
Rusli Lutan.(2000).Asas-Asas Pendidikan Jasmani Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar.Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas.
Saryono dan Soni, Nopembri.(2009).Gagasan dan Konsep Dasar Teaching Games for Understanding (TGFU).Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Volume 6, Nomor 1, Tahun 2009).Hlm 87-95.
Saur Tampubolon.(2013).Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan.Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
L. Viera, Barbara dan Bonnie Jill Fergusson.(2004).Bola Voli Tingkat Pemula.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Machfud, Irsyada.(2000).Bola Voli.Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III Tahun 2000.
Mulyono.(2011).Upaya meningkatkan motivasi belajar lompat jauh gaya menggantung dengan pendekatan bermain pada siswa kelas XI IPA- IPS SMA Muhammadiyah Sewon Bantul.Skripsi.FIK-UNY.
Nuril, Ahmadi.(2007).Panduan Olahraga Bola Voli.Surakarta: Era Pustaka Utama.
Soni, Nopembri dan Saryono.(2012).Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Fokus pada Pendekatan Taktik.Yogyakarta: FIK UN Sugihartono, dkk.(2012).Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
Suharno, H.P.(1981).Metodik Melatih Permainan Bola Volley.Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
____________.(1979).Dasar-Dasar Permainan Bola Volley.Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Published
2021-09-28
Abstract views: 22 ,