Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya dengan Menggunakan Metode Proyek

  • suharti SD Negeri 11 Pancuran Gading
Keywords: Hasil Belajar IPA, Metode Proyek

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 011 Pancuran Gading Kecamatan Tapung yang berjumlah 23 siswa. Instrumen penilaian meliputi RPP, lembar observasi guru dan siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data secara deskriptif dengan menggunakan rumus persentase ≥ 85%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran proyek dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Energi dan Perubahannya pada siswa kelas VI SDN 011 Pancuran Gading Kecamatan Tapung tahun 2020. Peningkatan ketuntasan belajar siklus I dengan nilai rata-rata 66,52. Siklus II diperoleh data nilai rata-rata 68,70. Siklus III dengan nilai rata-rata 73,91. Hasil belajar siswa dari siklus II ke siklus III ternyata mengalami peningkatan 17%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus III sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang telah ditetapkan yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal; Siti Jaiyaroh; Eko Diniati; Khusnul Khotimah. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru (Edisi Revisi). Jakarta: Gajahrafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Mudmainah, Siti. 2016. Skripsi tidak dipublikasikan “Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA pada Siswa III Sekolah Dasar Negeri Bumijo Tahun Pelajaran 2014/2015”. Yogyakarta: UNY
Published
2021-08-31
Abstract views: 117 ,