PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 003 KOTO PERAMBAHAN

  • Nurhidayah SD Negeri 3 Koto Perambahan
Keywords: Supervisi klinis, kemampuan guru, pelaksanaan pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, 1) Menjelaskan proses/mekanisme pengembangan Supervisi Klinis dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; 2) menjelaskan kemampuan guru pada pelaksanaan pembelajaran PAI; 3) untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan guru pada pelaksanaan pembelajaran PAI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan keilmuan, Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis/pengolahan data kualitatif menggunakan tiga tahapan yaitu 1) Pengumpulan data; 2) Reduksi data; dan 3) Penyajian data; dan 4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: 1) Supervisi klinis digunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan baik dalam administrasi pengajaran dan pembelajaran guru PAI untuk meningkatkan kinerja guru PAI, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi; 2) Setelah menjalani supervisi klinis, guru memiliki wawasan tentang metode pembelajarandan media pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan media yang ada di sekitar; dan3) Hambatan pelaksanaan supervisi sebagai upaya peningkatkan kinerja Guru PAI Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar menunjukkan bahwa beberapa hambatan dialami oleh kepala sekolah dalam  melaksanakan  supervisi  klinis antara lain: (1) terlalu banyak guru  yang harus disupervisi klinis, (2) kurangnya waktu supervisi klinis, (3) masih banyak kelemahan guru dalam PBM dan administrasi akademik, (4)guru terkadang merasa kurang siap dan terganggu karena belum terbiasa disupervisi klinis, (5) penilaian hanya secara formatif saja, (6) dalam proses belajar mengajar sebagian guru belum memakai alat media, (7) guru terbatas kemampuan dalam mengembangkan  bahan ajar dan (8) sebagian rencana pembelajarannya copy paste

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (1996). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algesindo.
Ali, Muhammad, (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Cet. II; Bandung Angkasa.
Arif, Saiful, 2008). Implementasi Supervisi Klinis. Jurnal Tadris 3, No. 2: h. 168.
Arifin, (2005). Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, Ening Yuni Soleh, (2016). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Lesson Study di Madrasah Tsanawiyah Bantul Kota, Jurnal Pendidikan Madrasah, 1, no. 1 (): h. 3.
Az Zafi, Ashif, (2016). Supervisi Akademik Pengawas Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 7 Purworejo. Tesis, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Arikunto, Suharsimi, (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XIV; Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin dan Esa Nur W, (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz, Media.
Charisatuniswah, dkk., (2012). Buku Kerja Pengawas Madrasah. Yogyakarta: Mapenda Kanwil Kemenang DIY.
Depag. Pengembangan Profesional dan Petunjuk Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2001.
Djamarah, Saiful Bahri, (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interakdi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekosusilo, Madyo, (2003). Supervisi Pengajaran dalam Latar Budaya Jawa (Studi Kasus Pembinaan Guru SD di Kraton Surakarta). Sukoharjo: Univet Bantara Press.
Fanan, M. Athoiful, (2007). Peningkatan kompetensi guru sekolah dalam pembelajaran di kelas, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3, no. 2 (2016): h. 3. Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, (2007). Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Iriyani, Dwi, (2010). Pengembangan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru, Jurnal Didaktika 2, no. 2 (2008): h. 279. Komaruddin, Kamus Istilah Skripsi dan Tesis. Bandung: Angkasa, 2009. Masaong, Abd. Kadim. Supervisi Pendidikan. Bandung: MQS Publishing.
Mulyasa, E, (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S, (2007). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara
Nata, Abuddin, (2004). Metodologi Studi Islam. Cet. XI; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Purwanto, Ngalim, (1995). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rifai, Moh, (2001). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Rohmat, (2007). Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Cipta Media.
Sahar, Ahmad, (2015). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Prambanan Sleman” Tesis, Surakarta: PPS IAIN Surakarta.
Sudjana, Nana, (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Uzer, Usman (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-08-31
Abstract views: 1 ,