PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA STIK BERJALAN PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI 008 RIMBA BERINGIN

  • karsilah SD Negeri 8 Rimba Beringin
Keywords: Cooperative Learning, media stik berjalan, aktivitas siswa dan guru, prestasi belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan aktivitas siswa, (2) Meningkatkan aktivitas guru, (3) Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning dengan media stik berjalan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 008 Rimba Beringin dengan jumlah siswa 28 anak. Instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Data selanjutnya   diolah   menggunakan   teknik   analisis   deskriptif   kuantitatif   dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan media stik berjalan    berhasil meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Negeri 008 Rimba Beringin. Dalam setiap siklus aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu: siklus I dengan rata-rata nilai 2,71 atau 67,7% dan siklus II 3,2 atau 80,5%. Hasil belajar siswa pada pre tes dan pos tes mengalami peningkatan siklus I rata-rata nilai pre tes 56, pos tes 64 sedangkan siklus II pre tes 65, pos tes 88. Persentase ketuntasan belajar yaitu siklus I 54% dan siklus II 89%. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menggunakan Cooperative Learning dengan media stik berjalan pada siswa kelas III SD Negeri 008 Rimba Beringin dapat meningkatkan aktivitas siswa. Disarankan supaya guru dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning dengan media stik berjalan   pada materi pelajaran lain yang sesuai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Standar Isi Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI. Jakarta: Depdiknas. Bagoesnet.wordpress.com/2010/07/31/pengertian-audio-video
Djono, dkk. 2001. Bimbingan dan Konseling Belajar. Surakarta: FKIP-UNS Drs. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media Yogyakarta
Drs. H. Isjoni.2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. Http://en.Wikipedia.Org/Wiki/Bloom%27s_Taxonomy
Iqbal Hasan. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta:PT. BumiAksara
Montarcih, Lily. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Surabaya: Universitas Negeri Malang.
Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Nurhadi, Yasin,B dan Senduk, AG. 2004. Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Negeri Malang
Poerwadarminta, W. J. S. 1998. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Poerwati, E. dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Ridwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.
Slameto. 2003. Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Subhan Sofhian dan Sahid Gatara. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan ( Civic)
Published
2021-08-31
Abstract views: 0 ,