PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD NEGERI 037 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG

  • suharti SD Negeri 37 Karya Indah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VI SD Negeri 037 Karya Indah menggunakan model Cooperative Learning. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subyek adalah siswa kelas VI SD Negeri 037 Karya Indah kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning meningkatkan prestasi belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebalum dilakukan PTK hanya ada 9 siswa atau   47,1 % yang nilai prestasi belajarnya   sudah   mencapai   KKM, sedangkan pada siklus I ada 12 anak atau 70, 6 % yang sudah mencapai KKM dan pada siklus II ada 15 siswa atau 88,2 % yang sudah mencapai KKM yaitu memperoleh nilai ≥ 60,0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Lie. 2002 Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas, Jakarta:Grasindo.
Depdiknas. 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Untuk Mata Pelajaran IPS, Jakarta: Depdiknas.
Hidayati, dkk.. 2008 Pengembangan Pendidikan IPS SD, Jakarta: Depdiknas.
Pranowo, 2004. Metode Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas. Loka karya Nasional USD. Yogyakarta : Lembaga penelitian.
Slameto. 1995 Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Uzer Usman Moh. 2002 Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja.
Wardani, I.G.K 2004 Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2021-08-31
Abstract views: 0 ,