PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VCT PERCONTOHAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SIMALINYANG

  • Fitri Desmawati SD Negei 01 Simalinyang
Keywords: Model Pembelajaran VCT Percontohan, Hasil Belajar, Berperilaku Mulia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas II Melalui model pembelajaran VCT Percontohan”. Secara khusus penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam menerima pelajaran PKn agar hasil yang dicapai maksimal. Subjek penelitian ini   adalah siswa kelas II SD Negeri 001 Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar sebanyak 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data melalui hasil tes formatif dan lembar pengamatan aktivitas siswa dan performansi guru Indikator keberhasilan seperti rata-rata kelas > 65, tuntas klasikal sekurang-kurangnya > 70%. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada tema Berperilaku Mulia Sesuai Pancasila. Pada siklus I nilai rata-ratanya 69,09 dengan tuntas belajar klasikal sebesar 76,74%, Sedangkan pada siklus II mencapai nilai rata-ratanya 82,06 dengan tuntas belajar klasikal sebesar 100%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 13,03%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 60 % sedangkan pada siklus II yaitu 80 %, sehingga terjadi kenaikan sebesar 20%. Performansi guru pada siklus I yaitu 81,30% sedangkan pada siklus II yaitu 89,84%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 8,53%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran VCT Percontohan pada mata pelajaran PKn materi Berperilaku Mulia Sesuai Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa di kelas, dan performansi guru. Oleh karena itu, disarankan agar pada mata pelajaran PKn atau lainnya dapat menggunakan model pembelajaran VCT Percontohan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Zainul Ittihad. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Andriez. 2007. Tujuan PKn Diunduh http://andriez1980.blogspot.com/2007/07/tujuan-pkn.html[diakses pada [07/03/2019].
Anni, Catharina Tri. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: MKU UNNES. Arikunto, Suharsimi. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azis, Abdul. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Diunduh dari htpp://azisgr.blogspot.com/2010/05/pendidikan-kewarganegaraan-pkn.html. [diakses pada 01/03/2019].
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Born, Agung. 2008. Sejarah Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia. Diunduh http://perpustakaanonline.blogspot.com/2008/05/sistem-pendidikan- nasional.html [ diakses 05/05/2019]
Born, Agung. 2010. Pengertian dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan. Diunduh dari http://abdiar.wordpress.com./2010/05/05/pengertian-tujuan- sejarah-pendidikan-kewarganegaraan.html. [diakses pada 05/03/2019].
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dzulfa. 2009. Landasan Teori, Kerangka Berfikir dan Hipotesis. Diunduh http://nazwadzulfa.wordprees.com/2009/11/14/model-vct-landasan-teori-kerangka-berfikir-dan-hipotesis/vct/. [diakses 06/07/2019]
Fathurrohman dan Wuri Wuryandani. 2019. Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Untuk PGSD dan Guru SD. Yogyakarta: Nuha Litera
Kasim.2008. Pengertian Model Belajar Mengajar. Diunduh http://meilankasim.wordpress.com/2008/11/29/model-pembelajaran-ips. [diakses 08/04/2019]
Kurniawan, Nursidik. 2007. Karakteristik dan Kebutuhan Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar. Diunduh dari http://nhowitzer.multiply.com/journal/item/3. [diakses pada 08//2019]
Listia, wenny. 2010. Karakteristik Pendidikan Kewarganegaraan Diunduh http://winnylinova.blogspot.com.[04/05/2019]
Listia, Wenny.2010. Prinsip Dasar Pendidikan Kewarganegaraan(PKn). Di unduh http://winnylinova.blogspot.com.html [07/03/2019]
Murni, Bugis Amir.2010. Peningkatan Pemahaman Nilai Moral Melalui Pembelajaran PKn Berbasis Value Clarivication Technique ( VCT) Pada Siswa Kelas IV SDN Beji Pasuruan. Di Unduh dari http://karya- ilmiah.um.ac.id/indekS.php/KSDP/article/view/7219[diakses pada 01/03/2019]
Nurlaili, Lili. 2008, Pendidikan Kewarganegaraan: Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Suharto dan Sajari. 2008. Pendidikan Kewarganegaraaan : Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tim Reviu dan Revisi APKG PPGSD. 1999. Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru SD.
Ubaedillah, A. dkk. 2008. Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.
Widihastuti, S dkk. 2008 Pendidikan Kewarganegaraan untuk kelas II Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Winataputra, Udin S. dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran PKN SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2021-08-31
Abstract views: 7 ,