PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MEMINIMALISIR MISKONSEPSI MAHASISWA MENGENAI KONSEP CAHAYA

  • Adelia Alfama Zamista Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
Keywords: experiential learning, misconception, cahaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir miskonsepsi mahasiswa pada materi cahaya melalui penerapan model pembelajaran experiential learning. Menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment), dilakukan dengan satu kelas kontrol dan satu kelas lainnya dengan desain nonequivalent groups pretest-posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menyelidiki miskonsepsi siswa adalah tes penguasaan konsep yang menyertakan indeks keyakinan/certaint of response index (CRI). Perhitungan pengurangan miskonsepsi mahasiswa untuk setiap konsep dengan mengurangi persentase mahasiswa miskonsepsi saat pretest dengan persentase miskonsepsi mahasiswa saat posttest. Lalu akan dihitung persentase jumlah mahasiswa yang mengalami perubahan pengetahuan dari miskonsepsi menjadi paham konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan miskonsepsi siswa pada kelas eksperimen dengan kriteria sedang. Ppersentase perubahan miskonsepsi menjadi paham konsep paling tinggi terjadi pada pada sub-konsep perambatan dan pemantulan cahaya dengan 66,7% pada kategori sedang. Terlihat bahwa model pembelajaran experiential learning merupakan salah satu model pembelajaran alternatif untuk meminimalisir miskonsepsi pada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwan, A.A. (2011). Misconception of Heat and Temperature Among physics students, Procedia Social and Behavioral Sciences, 12, hlm. 600-614.

Hammer, R. (1996). More than Misconception: Multiple Perspectives on Student Knowledge and Reasoning, and an Approriate Role for Educatipn Research, Am. J. Phys, 64 (10), hlm. 1316-1325.

Hasan, S., Bagayoko, D. & Kelley, E.L. (1999). “Misconception and the Cerainty of Response Index (CRI)”. Physics Education. 34, (5), 294-299.

Kolb, D.A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Sources of Learning And Development. New Jersey: Prentice Hall.

Mc. Millan,J.H & Schumacher, S. (2001). Research in Education A Conceptual Introduction. New York& London: Longlam.

Suparno, P. (2005), Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Van den Berg, E. (1991). Miskonsepsi Fisika dan Remediasinya. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
Published
2020-05-30
Abstract views: 427 , PDF downloads: 494