Penerapan e-Learning pada Pembelajaran Komunikasi dalam Jaringan dengan Metode Blended learning Bagi Siswa SMK

  • Pratama Benny Herlandy Universitas Muhammadiyah Riau
  • Melly Novalia
Keywords: media e-Learning, efektifitas, pemahaman konsep, komunikasi dalam jaringan, tutorial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan media e-Learning berbasis tutorial dalam proses pembelajaran produktif SMK pada matapelajaran teknologi layanan jaringan pada materi komunikasi dalam jaringan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Kota Pekanbaru. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan diantaranya tes pemahaman konsep, angket motivasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep peserta didik dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan media adalah 65,5 dan nilai rata-rata setelah menggunakan media adalah 87,5. Berdasarkan analisis inferensial, didapatkan bahwa thitung > t­, dengan nilai thitung = 3,65 dan ttabel = 2,04 pada taraf kesalahan 5%. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dismpulkan bahwa pembelajaran komunikasi dalam jaringan dengan menggunakan media e-Learning berbasis tutorial sangat efektif untuk dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] E. Sutanta, “Konsep dan Implementasi E-learning,” J. DASI, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2014.
[2] D. L. Chapman and S. Wang, “Multimedia Instructional Tools and Student Learning in a Computer Applications Course,” Int. J. Inf. Commun. Technol. Educ., vol. 11, no. 2, pp. 57–67, 2015.
[3] K. Sara and Mukminan, “Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Aplikasi Komputer 2 di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 139–152, 2014.
[4] S. Muhamad Azhar, I. Mohamad, and Y. Amri, “Pembangunan Model Blended Learning Menggunakan Teknologi Web 2.0 Dalam Pembelajaran Aliran Vokasional,” in The 9 th International Malaysian Studies Conference ( MSC9 ), 2014.
[5] N. W. A. Majid and P. Sudira, “Proses perolehan kompetensi TIK melalui program praktik industri siswa SMKN 2 Pengasih Kulon Progo,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 7, no. 1, p. 14, 2017.
[6] A. Purnomo, N. Ratnawati, and N. F. Aristin, “Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z,” J. Teor. dan Praksis Pembelajaran IPS, 2018.
[7] A. Budininggsih, Belajar dan Pembelajaran. 2005.
[8] p Newby, Research Methods for Education. 2014.
Published
2019-03-05
Abstract views: 752 , PDF downloads: 502