Pengaruh Kepuasan Petani Ubi Terhadap Harga dan Pelayanan di Pabrik
DOI:

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan pelayanan terhadap kepuasan petani ubi jalar yang bermitra dengan pabrik pengolahan PT. ABC di Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Sampel diambil secara jenuh dari seluruh populasi petani mitra. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan petani, sementara pelayanan tidak memberikan pengaruh yang signifikan secara parsial. Nilai koefisien determinasi sebesar 62% menunjukkan bahwa harga dan pelayanan secara bersama-sama menjelaskan sebagian besar variasi kepuasan petani. Temuan ini menegaskan pentingnya kebijakan penetapan harga yang adil untuk meningkatkan loyalitas dan keberlanjutan kemitraan antara petani dan pabrik pengolahan.
Downloads
References
Kristianto MCW, Hendra M, Oktavianingsih L. Keragaman Kultivar Lokal Ubi Jalar (Ipomoea Batatas (L.) Lam) Di Kabupaten Kutai Timur-Kalimantan Timur, Indonesia. Al-Kauniyah: Jurnal Biologi. 2024;17(1):154–162. https://doi.org/10.15408/kauniyah.v17i1.30539
Ernawati E, Kusumadinata AA. Tapos Membangun Kreativitas Melalui Pangan Lokal (Ubi Jalar). AGRINUS: Jurnal Agro Marin Nusantara. 2025;2(1):14–19.
Pratama BH, Kurniati E. Tulang Bawang Sebagai Sentra Ekspor: Potensi, Realita, Dan Harapan. Indonesian Journal of Social and Humanities. 2025;3(1):9–19. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJSH/article/view/724
Asriadi AA. Pengaruh Harga Dan Biaya Terhadap Pendapatan Petani Ubi Jalar Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh. 2020;5(1):52–59. https://doi.org/10.29103/ag.v5i1.2809
Sihombing R, Juliastuti OD, Ikatrinasari ZF. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pemesanan Produk Oleh Pelanggan Di Internal Perusahaan Manufaktur. Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri. 2024;8(1):51–60. https://doi.org/10.35194/jmtsi.v8i1.3970
Nofitasari R, Siahaan HN, Siregar IA. Efektivitas Kinerja Penyuluh Pertanian Dalam Era Teknologi: Dampaknya Pada Produktivitas Padi Sawah Di Kelurahan Rimbo Kedui, Seluma, Bengkulu. Paradigma Agribisnis. 2025;7(2):151–162. https://doi.org/10.33603/jpa.v7i2.9846
Violin V, Hasan S, Sufri M. Pengaruh Konsep Low-Cost Carrier Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Maskapai Lion Airlines Di Indonesia. Journal of Management Science (JMS). 2022;3(2):150–160. https://doi.org/10.52103/jms.v3i2.957
Rondhi M, et al. Kepuasan Petani Terhadap Pola Dan Kinerja Kemitraan Usahatani Tebu Di Pabrik Gula Wonolangan, Probolinggo, Jawa Timur. http://doi.org/10.21082/jlittri.v26n2.2020.58-68
Erniyani E, Imran MT, Wisudawati N. Pengukuran Tingkat Kelelahan Subjektifitas Pengrajin Karawo IKM X Di Gorontalo. Integrasi: Jurnal Ilmiah Teknik Industri. 2023;8(2).
Junior OMS, Areros WA, Pio RJ. Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Datsun Nissan Martadinata). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 2019;8(2):1–9.
Hasdir NA. Perbaikan Kualitas Pelayanan Pengguna BPJS Menggunakan Metode Fuzzy-SERVQUAL. Jurnal Rekayasa Sistem Industri. 2023;9(1):21–29. http://doi.org/10.33884/jrsi.v9i1.8044